Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan setiap tahunnya selalu menyalurkan sembilan jenis bantuan sosial (bansos) untuk berbagai golongan masyarakat kurang mampu.

Pelaksana tugas Kepala Dinsos Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Paturrahman di Amuntai, Rabu (30/3/22) mengatakan bansos yang disalurkan setiap tahun yakni PKH, BPNT, RS-RTLH, bansos jukung (perahu), bansos purun, mesin ces, bansos lanjut usia, bansos disabilitas dan bansos anak terlantar.

"Saat ini kami tengah melakukan pendataan untuk Program Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). sedangkan untuk  verifikasi dan validasi (verval) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial  (DTKS) mungkin di Bulan Juni nanti," Ujar Paturrahman

Paturrahman mengatakan, Dinsos HSU tengah melakukan verifikasi data untuk calon penerima berbagai bansos tersebut. Salah satunya program PPKS.

" Tapi penyaluran PPKS belum tentu ada setiap tahun, tergantung Kementerian Sosial," katanya.

Disampaikannya penyaluran bansos PPKS Januari -Maret 2022 untuk tahap satu dan dua sudah disalurkan seluruhnya kepada 14000 orang.

Tahap pertama penyaluran dilakukan pada Pebruari sebanyak 7000 orang, dilanjutkan tahap dua pada Bulan Maret sebanyak 7000 orang.

Data penerima program ini kembali dilakukan verifikasi karena data yang ada saat ini merupakan data hasil verifikasi pada lima tahun  lalu tepatnya 2016.

PPKS sendiri merupakan istilah baru yang diperkenalkan Kementerian Sosial yang sebelumnya menggunakan istilah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Pendataan PPKS dilakukan melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dimana setiap kecamatan sudah memiliki data tersebut, tinggal diverifikasi ulang oleh TKSK   kepada masing-masing kepala desa.
 
Ketua RT.01 Kelurahan Murung Sari Amuntai Rizki Prihidayat bantu mendata warga yang berhak dapat bantuan sosial pada pendataan PPKS di Amuntai, Rabu. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Ketua RT.01 Kelurahan Murung Sari Amuntai Rizki Prihidayat membenarkan telah dilakukan pendataan untuk PPKS termasuk dilingkungan RT.01 Kelurahan Murung Sari Kecamatan Amuntai Tengah.

"Bersama tenaga TKSK saya turut membantu mendata warga yang masuk kategori untuk mendapat bantuan berikutnya," terang Rizki.

Rizki yang juga Dosen STKOM Sapta Computer Balangan ini berterima kasih karena warganya telah mendapat bantuan program PPKS, sebelumnya beberapa warganya sempat memang  mengeluhkan belum menerima bantuan tersebut.

Sehingga Rizki mewakili warga mendatangi kantor kecamatan dan Dinas Sosial untuk menanyakan perihal bantuan PPKS.

"Sekarang Alhamdulillah, sebanyak 24 orang warga RT.1 Kelurahan Murung Sari sudah menerima bantuan PPKS yang disalurkan pada  tahap dua kemaren," pungkasnya 

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022