Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Penjabat Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menargetkan meraih penghargaan adipura kencana tahun 2016 setelah sebelumnya telah berhasil mendapatkan adipura.



"Target kami bisa meraih adipura kencana 2016 dan kami optimistis melalui dukungan seluruh pihak maka target bisa dicapai," kata Martinus di Kota Banjarbaru, Senin.

Ia mengatakan, meski pun target meraih adipura kencana cukup berat tetapi melalui sejumlah program yang berkaitan dengan kebersihan dan lingkungan, semua bisa dicapai.

Apalagi, kata Kepala Dinas PU Kalsel itu, Kota Banjarbaru sudah cukup baik dan teratur dalam penataan kotanya sehingga tinggal membenahi beberapa kekurangan di lapangan.

"Penataan Kota Banjarbaru sudah bagus, tinggal bagaimana mengajak masyarakat berpartisipasi mengelola lingkungan dengan memperbanyak pepohonan," ucapnya.

Di sisi lain, pihaknya akan terus membenahi pasar dan titik pantau adipura lain yang masih kurang baik pengelolaannya sehingga jika sudah baik bisa mendongkrak penilaian.

"Pasar dan titik pantau lain akan menjadi fokus perhatian untuk cepat dibenahi, apalagi penilaian tahap satu mulai Maret 2016," ujar Martinus yang mengakhiri jabatan Juni 2016.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Banjarbaru Rustam Effendi mengatakan, pihaknya menyiapkan strategi untuk meraih adipura kencana tahun depan.

"Ada beberapa strategi yang sudah kami siapkan di samping pembenahan sejumlah titik pantau yang nilainya masih kurang. Kami optimistis bisa meraih adipura kencana," ujarnya.

Sementara itu, Senin pagi di pool kendaraan operasional DKP Jalan Mistar Cokrokusumo digelar syukuran atas diperolehnya adipura 2015 dihadiri ratusan petugas kebersihan.

Penghargaan adipura yang diraih Kota Banjarbaru merupakan ke-6 kali setelah sebelumnya selama empat kali berturut-turut sejak 2008-2011 dan terakhir pada 2013.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015