Balangan - (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Balangan, kembali melaksanakan Debat Politik calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan periode 2016-2021.

Debat yang dilaksanakan untuk kedua kali tersebut kembali bertempat di Mahlligai Mayang Maurai Komplek Kediaman Bupati Balangan, di Garuda Maharam Kecamatan Paringin.

Penjabat Bupati Balangan HM Hawari mengungkapkan, melalui debat ini masyarakat Bumi Sanggam dapat mengenali dan mengetahui visi misi semua paslon, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan pada 9 Desember 2015 nanti.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan Aidinnor S Sos dalam sambutannya berharap semua tahapan Pilkada Balangan 2015 berjalan kondusif, aman dan lancar hingga terpilihnya pemenang.

"Siapapun yang terpilih merupakan yang terbaik dan kemenangan semua masyarakat Balangan," ujarnya.

Debat menarik perhatian penonton yang berhadir, karena semua paslon ditantang untuk memaparkan program peningkatan ekonomi Balangan selain memanfaatkan sektor pertambangan untuk menekan angka kemiskinan.

Pelaksanaan debat pertama pada hari Rabu (25/11) sekitar jam 20.00 wita hingga 24.00 wita berjalan lancar dan kondusif.

Selaku moderator yaitu Dr Ahmad Yunani SE MSi, dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat (Unlam).

Dan untuk debat kedua ini dilaksanakan pada Senin (30/11) sekitar pukul 14.00 wita hingga 16.30 wita.

Dengan moderator Taufik Arbain S Sos M Si atau Datuk Cendikia Hikmadiraja Kesultanan Banjar yang merupakan seorang pakar di bidang politik dan pengajar indonesia, seorang Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Politik dan Pembangunan Daerah dan seorang Dosen di FISIP Universitas Lambung Mangkurat.

Taufik Arbain yang merupakan kelahiran Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara juga sempat menjadi moderator pada debat kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel periode 2016 - 2021 beberapa waktu lalu.

Kapolres Balangan mengatakan, debat pertama berjalan lancar dan sukses dengan pengamanan ratusan personil Polri dari Mapolres Balangan serta bantuan TNI dari Kodim 1001 Amuntai-Paringin.

"Untuk debat kedua kali ini, pengamanan tetap akan diperketat dengan kekuatan personil yang sama serta bantuan TNI," ujar Kapolres Balangan AKBP Sudrajad Hariwibowo.

Masing-masing pasangan calon hanya boleh membawa 25 orang pendukung kedalam ruangan, sementara warga yang ingin menyaksikan bisa melalui layar lebar yang disediakan oleh KPUD Balangan, serta melalui radio Sanggam Balangan.

Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan sesuai urutan pemilihan yaitu pasangan H Ansharuddin - H Syaifullah, H Dimas Febriandie - HM Yusuf A, H Riduan Darlan - H Rusli Abbas, dan H Suhardi - H Syabirin.

Berhadir dalam acara tersebut, Penjabat Bupati Balangan HM Hawari, Kapolres Balangan AKBP Sudrajad Hariwibowo, Dandim 1001 Amuntai-Balangan Letkol Inf Priyanto Eko Widodo dan sejumlah kepala SKPD serta tokoh masyarakat dan ratusan warga Balangan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015