Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Fraksai Amanat Indonesia Raya DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mendesak pemerintah daerah segera menuntaskan proses pembangunan rumah sakit umum tipe B di Stagen, agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih optimal.

Ketua Fraksi Amanat Indonesia Raya, H Genta Kusan di dalam forum sidang paripurna saat membacakan tanggapan fraksinya, Kamis menyoroti bidang kesehatan agar pemerintah daerah lebih memprioritaskan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Menurut H Gegen-sapaan akrab H Genta Kusan, perlu dilakukan perbaikan sarana-prasarana, menyediakan tenaga medis yang handal dan profossional, menyediakan dokter-dokter spesialis dengan fasilitas yang memadai, mengevaluasi dan memberikan pengawasan terhadap tata kelola rumah sakit.

"Kapada Pemerintah Daerah juga diharapkan agar melanjutkan penyelesaian pembangunan Rumah Sakit di Stagen, untuk memenuhi pelayanan Rumah Sakit yang prima bagi masyarakat Kabupaten Kotabaru," katanya.

Di bidang Pendidikan, lanjut dia, Fraksi Amanat Indonesia Raya menyarankan kepada Pemerintah Daerah agar memprioritaskan peningkatan saran prasarana sekolah tingkat SD, SLTP, dan SMA yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Termasuk dalam delapan point pandangannya, Fraksi Amanat Indonesia Raya juga meminta penjelasan lebih detil mengenai manajemen dan bantuan permodalan yang diberikan kepada BUMD yang berorientasi profit, namun diketahui belum begitu banyak mendukung terhadap peningkatan PAD, untuk itu Pemerintah agar memberikan pengawasan yang intensif terhadap pelaksanaan kegiatan usahanya.

Hal lain yang menjadi perhatian Fraksi Indonesia Raya adalah dalam usaha peningkatan pendapatan daerah, rekomendasi yang disampaikan kepada pemerintah daerah melakukan pengawasan extra ketat terhadap kepatuhan pembayaran pajak dan memberikan sanksi terhadap para waiib pajak yang tidak taat dalam pembayaran pajak, bersamaan itu memberikan penghargaan terhadap para wajib pajak yang taat azaz dan tepat waktu dalam pembayaran pajak.

"Kami juga meminta kepada pihak eksekutif agar dapat menyelesaikan permasalahan terutama yang dihadapi dalanm meningkatkan pendapatan, mempersempit wilayah pemungutan dengan menggiatkan UPT di wilayah kecamatan, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya pajak untuk pelaksanaan pembangunan daerah dan menanamkan kepercayaan kepada masyarakat terhadap aparat pemungut pajak," jelasnya.

Selanjutnya, masih pada upaya peningkatan PAD, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru perlu memberikan perhatian khusus dalam proses perijinan pada Badan Pelayanan Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Kotabaru agar lebih mempercepat proses penyelesaiannya untuk mempercepat pertumbuhan dunia usaha di Kabupaten Kotabaru.

"STOK yang keterlibatan dengan masyarakat segala sesuatu dan lain hal perlunya bergabung dengan perizinan terpadu," saran H Gegen.

Terakhir Fraksi Amanat lndonesia Raya juga memberikan apresiasi apresiasi kepada pemerintah daeag atas segala upaya dan kegiatan untuk meningkatakan PAD dan meningkatakan pembangunan daerah Kabupaten Kotabaru tercinta.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015