Martapura (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mempromosikan potensi desa-desa melalui pameran pembangunan desa yang dilaksanakan pada 27-30 November 2015.


Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Nasrun Syah di Kota Martapura, Senin, mengatakan jajaran pemkab siap menyelenggarakan pameran promosi potensi desa itu.

"Kami sangat mendukung kegiatan karena bermanfaat bagi kepentingan daerah untuk memajukan desa-desa melalui promosi potensi desa," ujarnya.

Ia mengatakan, banyak manfaat dari pameran pembangunan desa yang dilaksanakan di alun-alun Ratu Zalecha Martapura itu karena bisa lebih mengenalkan potensi desa.

Selain itu, banyak kerajinan tangan dan barang hasil olahan masyarakat desa yang bisa ditampilkan dan dijual sehingga bisa menambah pendapatan masyarakat di pedesaan.

"Melalui pameran, pengunjung bisa mengetahui apa saja potensi desa dan lebih menggalinya. Di sisi lain, bagi masyarakat desa, produknya menjadi lebih dikenal," ucapnya.

Dikatakan, Pemkab Banjar terus berupaya meningkatkan kemajuan wilayah pedesaan dan berupaya agar pembangunan merata baik perkotaan maupun pedesaan.

"Langkah yang dilakukan seperti menambah porsi anggaran bagi desa sehingga pemerintahan desa dibantu masyarakat bisa merealisasikan pembangunan," ujarnya.

Perwakilan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Triswanto mengatakan, tujuan pameran untuk menunjukan perkembangan pembangunan desa.

"Apa pun bentuk kerajinan dan hasil keterampilan desa selain bisa bersaing dengan produk lain, juga harus bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015