Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Resor Tanah Laut, Kalimantan Selatan, AKBP Rizal Irawan mengatakan, sebanyak 243 personil Polres Tanah Laut diturunkan untuk mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 24 desa se Tanah Laut.
    

"Selain personil Polres Tanah Laut, kita juga mendapatkan bantuan keamanan dari TNI, Pol PP dan keamanan TPS," ujar Kapolres Tanah Laut AKBP Rizal Irawan, di Pelaihari, Senin (23/11).
    
Menurut dia, aparat keamanan Pilkades serentak tersebut diturunkan mulai tangal 24 Nopember 2015 sampai perhitungan hasil pemilihan kepala desa tersebut selesai.
    
Diutarakannya, untuk satu desa yang melaksanakan Pilkades ditempatkan delapan orang personil keamanan berasal dari, anggota Polri dua orang, anggota TNI dua orang, anggota Pol PP dua orang dam keamanan TPS dua orang.
    
Dijelaskannya, untuk jumlah TNI yang diturunkan dalam pengamanan Pilkades serentak sebanyak 80 personil, anggota Satpol PP sebanyak 134 personil, dan keamanan TPS sebanyak 80 personil.
    
Dari keseluruhan personil pengamanan Pilkades serentak itu, sebut dia, penempatannya sudah ditentukan dengan tingkat kerawanannya.
    
Lebih lanjut dia mengemukakan, berkaitan dengan pengamanan Pilkades serentak, seluruh personil Polres dan Polsek se Tanah Laut untuk mengawal dan mengamankan pesta demokrasi sebaik-baiknya.
    
Kemudian, ungkapnya, Polres Tanah Laut bersama aparat lainnya berupaya mewujudkan Kamtibmas yang kondusif, memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pilkades serentak 2015 serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.
    
"Bagi anggota Polri jaga komitmen dan netralitas dalam pelaksanaan Pilkades 2015, serta tidak terlibat politik praktis," demikian tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015