Bupati Banjar Saidi Mansyur mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat Kabupaten Banjar melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) orang pribadi sebagai bukti telah melunasi pajak.

Ajakan itu disampaikan bupati yang didampingi Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsyie pada rapat koordinasi mingguan lingkup Pemkab Banjar di Aula Barakat Martapura, Senin dihadiri pimpinan SKPD setempat.

"Seluruh ASN merupakan panutan bagi masyarakat sehingga kami minta agar membayar pajak dan menyampaikan SPT karena pajak sangat penting guna menunjang pembangunan yang telah disiapkan pemkab," ujarnya. 

Ia mengatakan, pajak menjadi tulang punggung pembangunan bagi bangsa sehingga sangat penting jika wajib pajak baik masyarakat pribadi maupun badan usaha untuk membayar pajak dan menyampaikan SPT tahunan.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarbaru Heri Sumartono mengatakan, aksi panutan merupakan wujud teladan pimpinan bagi seluruh wajib pajak di Kabupaten Banjar agar memenuhi kewajibannya. 

"Ajakan bupati kepada ASN menjadi panutan bagi masyarakat memenuhi kewajibannya apalagi sekarang sudah ada kemudahan membayar pajak dan melaporkan SPT tahunan melalui e-filling," ucapnya.

Disebutkan, wajib pajak melaporkan SPT tahunan pada 2021 lebih dari 70 persen dengan penerimaan sebesar Rp1,4 triliun atau 101,57 persen dari 54.315 wajib pajak yang melaporkan dan diharapkan 2022 meningkat.

Rapat koordinasi juga diisi penyerahan penghargaan ke instansi pemerintah dengan pajak setoran terbesar yakni Dinas Pendidikan terbesar pertama disusul Sekretariat DPRD Banjar dan ketiga RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Selain itu, juga penghargaan kepada instansi kepatuhan pajak tertinggi yaitu peringkat pertama Inspektorat Kabupaten Banjar, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta ketiga Bappedalitbang Banjar.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022