Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Unit Reserse Kriminal Polsek Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, sedang menangani kasus seorang buruh yang diketahui sebagai pelaku pencurian di kota setempat.


"Penjaga malam curiga dan mengenal pelaku sehingga cepat dilakukan penangkapan dan diserahkan ke Polsek," kata Kapolsek Kertak Hanyar AKP Sakun Arisandi di Kertak Hanyar, Jumat.

Ia mengatakan, penangkapan terhadap pelaku yang melakukan pencurian disebuah rumah di Komplek Grand Yakin Kabupaten Banjar itu ditangkap pada Rabu (18/11) dini hari.

Pelaku ditangkap oleh penjaga malam komplek Grand Yakin kemudian diserahkan ke Polsek Kertak Hanyar untuk diproses sesuai aturan hukum.

Sakun terus mengatakan, untuk pelaku yang telah diamankan di Polsek itu diketahui bernama Edi Wibowo (22) buruh bangunan, warga Puntik Kabupaten Batola, Kalsel.

Untuk kronologis dari hasil pemeriksaan, pelaku diketahui masuk rumah korban di Komplek Grand Yakin itu melalui atap WC rumah korban.

Setelah berhasil masuk ke dalam rumah korban, kemudian pelaku langsung masuk ke kamar dan membuka lemari ditemukan uang sebesar Rp200 ribu.

"Pelaku mengambil uang korban di dalam lemari sebesar Rp200 ribu," tutur pria yang pernah menjabat sebagai Kanit Jatanras Polresta Banjarmasin itu.

Sakun terus mengatakan, saat korban ingin keluar dari rumah tersebut ternyata dipergoki korban yang juga seorang perempuan, melihat pelaku di dalam rumah, korban teriak dan pelaku langsung memukul korban.

Saat pelaku mencoba lari untuk kabur ternyata diketahui oleh penjaga malam di komplek tersebut dan dilakukan penangkapan selanjutnya diserahkan ke Polsek.

"Atas perbuatan pelaku, penyidik menjeratnya dengan pasal 365 KUHP Tentang Pencurian dengan Kekerasan diancam hukuman di atas lima tahun," ujar pria lulusan Secapa Polri angkatan 37 itu.

Sementara pelaku Edi Wibowo saat di ruang penyidikan mengatakan, dirinya terpaksa mencuri uang di rumah korban karena khilaf dan lagi butuh uang.

"Saya butuh uang untuk membeli lampu di mess buruh tempat ia bekerja proyek dikawasan Gambut," tuturnya sambil tertunduk malu.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015