Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Kabupaten Tabalong menggandeng Telkom dalam upaya mewujudkan desa digital di 'Bumi Saraba Kawa' ini..

 Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara APDESI Tabalong dengan Telkom Rabu (9/3) di Telkom Landmark Tower Jakarta disaksikan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani.

 Anang sangat mendukung kerjasama APDESI dengan Telkom sebagai bentuk keseriusan untuk memajukan daerah dan mempersiapkan diri menghadapi ibukota negara baru yang berdekatan dengan Kabupaten Tabalong.

"Kerjasama ini langkah nyata untuk memajukan Kabupaten Tabalong khususnya dibidang digitalisasi", ungkap Anang.

Ia pun berharap digitalisasi desa dapat diterapkan semua desa yang tersebar di 12 kecamatan.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tabalong, Erwan Mardani menyampaikan digitalisasi desa tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat tapi juga bisa untuk meningkatkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

 "Tidak hanya layanan publik akan lebih efektif dan efisien, ada 110 bumdes dan 22 bumdesmart yang dengan adanya sistem digital tentu akan lebih bagus," jelas Erwan.

Untuk memantapkan pembentukan desa digital di Kabupaten Tabalong, APDESI Tabalong melakukan study tiru ke desa digital Palasari Kecamatan Ciater Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022