Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Fadliansyah meminta Dewan Kesenian Daerah (DKD) mampu dan penuh semangat melestarikan budaya daerah sehingga tetap terjaga dan terpelihara. 

"Pengurus DKD harus mampu bekerja melestarikan berbagai budaya daerah yang tumbuh dan berkembang di Kota Banjarbaru sehingga tetap terjaga dan terpelihara," ujarnya saat menanggapi pengukuhan DKD di Banjarbaru, Ahad.

Diketahui, kepengurusan DKD Kota Banjarbaru periode 2021-2025 telah dikukuhkan Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin, Rabu (2/3/2022) dan dipimpin Wartono yang juga wakil Wali Kota Banjarbaru. 

Menurut Fadliansyah, keberadaan DKD sebagai lembaga yang membina dan menaungi komunitas kesenian daerah sudah seharusnya menjalankan fungsi agar kesenian daerah di Banjarbaru makin tumbuh dan berkembang. 

Apalagi, kata dia, masyarakat Kota Banjarbaru dikenal heterogen yang dihuni berbagai suku, agama dan golongan sehingga memiliki beragam budaya yang harus dibina maupun diayomi DKD dengan baik. 

"Kami yakin, kepengurusan DKD diisi orang-orang yang mampu bekerja maksimal dalam membina komunitas sekaligus menjaga dan melestarikan budaya daerah yang sudah tumbuh dan berkembang," ucapnya. 

Ketua DKD Kota Banjarbaru Wartono mengatakan, siap merangkul seluruh pelaku seni serta sanggar, paguyuban, komunitas seni budaya, berkreasi dan berkarya selaras dengan pemkot dan saling menghormati keberagaman.

"Masyarakat Banjarbaru heterogen dan kami akan merangkul semuanya untuk bersatu membangun Banjarbaru melalui kesenian sehingga seluruh aspek dan bidang juga semakin maju seiring tuntutan jaman," ujarnya. 

Dikatakan wakil wali kota Banjarbaru itu, kepengurusan yang baru menjadi awal kemitraan dan sinergi Dewan Kesenian dengan Pemkot Banjarbaru dalam upaya ikut mengembangkan dinamika berkesenian masyarakat.

"Dewan Kesenian Kota Banjarbaru siap mendukung dan mewujudkan visi  misi menjadikan Banjarbaru kota yang Maju, Agamis dan Sejahtera, dengan semangat bersatu dan bermanfaat demi masyarakat," katanya.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022