Salah seorang atlet putri dari Suka Maju Desa Banua Hanyar, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Dina Aulia (18), berhasil menjadi juara pertama atau mendapatkan medali emas pada lomba lari gawang 100 meter putri ajang kejuaraan nasional Atletik Jawa Tengah (Jateng) Open 2022 yang bertempat di stadion Tri Lomba Juang Semarang.

Ajang atletik nasional yang diselenggarakan melalui Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) itu berlangsung sejak tanggal 1 hingga 3 Maret dan diikuti sebanyak 714 atlet dari 113 klub PASI se-Indonesia.

"Dina Aulia mewakili Kontingen Kalsel bersama satu atlet lagi dari Banjarmasin," kata Ketua PASI HST, Husain saat dikonfirmasi, Jum'at (4/3) di Barabai.

Atlet kelahiran 3 Agustus 2003 itu berhasil menjadi yang tercepat dengan waktu 13,88 detik mengalahkan tujuh lawannya. 

saat ini masih menjadi pelajar di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan dan memang sudah lama menjadi kebanggaan Indonesia sejak 2019 yang lalu, karena sukses berprestasi di ajang tingkat Internasional.

Menurut Husain, tercatat prestasi Dina Aulia pada lomba lari yaitu peraih medali emas di kejuaraan Asean Junior Championship di Thailand pada awal tahun 2019 yang lalu, peraih medali perunggu Kejuaraan Nasional PPLP di Gorontalo pada tahun 2019.
 
Skor Dina Aulia saat mendapatkan emas pada Atletik Jateng Open 2022 (ANTARA/M Taupik Rahman)

Selanjutnya, Ia juga peraih medali emas POPNAS di Jakarta tahun 2019, peraih medali emas Kejurnas PPLP di Bangka Belitung 2021 dan saat ini sedang aktif mengikuti TC Nasional persiapan Kejuaraan Atletik Junior Asia dan Sea Games 2022 di Vietnam.

M Tahir yang pernah melatih Dina Aulia juga mengungkapkan, selama pandemi 2020 yang lalu Dina pulang ke daerah dan dilatihnya langsung di bawah arahan pelatih SKO Ragunan secara daring.

Ia juga menceritakan  sebenarnya Dina Aulia catatan waktunya memang lolos PON XX Papua, namun karena usianya belum 17 tahun maka dia tidak bisa ikut PON.

"Insya Allah dengan capaian sekarang, peluang Dina Aulia meraih medali di PON yang akan datang semakin besar, karena catatan waktu Juara PON Papua lari 100 m gawang 13.74 dan waktu Dina Aulia 13.88 sehingga untuk mengejar waktu tersebut sangat memungkinkan,' ujar Tahir.

Ketua Umum KONI HST Yajid Fahmi juga mengucapkan selamat atas prestasi yang sudah di capai sampai saat ini dengan harapan jangan sampai cepat puas dan terus berusaha agar bisa berkembang dan berprestasi setinggi mungkin.

"Hendaknya ini menjadi motivasi bagi jajaran KONI, Cabor, Pelatih dan para atlet banua agar lebih serius lagi mengembangkan diri untuk terus meningkatkan kapasitas latihan menuju prestasi yang lebih tinggi  terlebih dalam waktu dekat menghadapi ajang Porprov di HSS," tutupnya.

Video detik-detik saat Dina Aulia berhasil mendapatkan emas ajang kejuaraan atletik Jateng Open 2022:

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022