Balangan - (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan melaksanakan acara evaluasi atau penilaian Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2W-KSS) dan Kecamatan Sayang Ibu (KSI) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Tahun 2015 di Desa Sirap, Kecamatan Juai.

Penjabat Bupati Balangan, HM Hawari mengatakan,  manfaat program P2W-KSS bukan hanya dinikmati kaum perempuan saja. Begitu pula dengan KSI.

Yang mana bertujuan untuk lebih memberdayakan perempuan, mendorong perempuan untuk mengambil peranan yang lebih besar dalam upaya-upaya pembangunan, terutama melalui manajemen sumber daya manusia maupun sumber daya alam guna mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia.

"Pemberdayaan perempuan sangat besar maknanya dalam pembangunan manusia seutuhnya," katanya.

Pengembangan kualitas SDM adalah salah satu prioritas utama pembangunan kabupaten balangan, maka pemberdayaan perempuan, dan khususnya program  P2W-KSS maupun KSI, adalah bagian sangat penting dari pembangunan daerah maupun nasional.

"Kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada jajaran tim penggerak PKK di setiap tingkatan, serta para ibu dan kaum perempuan pada umumnya yang menjadi garda terdepan program P2W-KSS maupun KSI atas segala bentuk partisipasi dalam upaya pembangunan, khususnya dalam pengembangan dan peningkatan kualitas SDM," ujarnya.

Kita pantas pula memberi penghargaan kepada tim daerah sebagai pelaksana program P2W-KSS dan KSI. Penghargaan ini diberikan melalui mekanisme penilaian yang dilaksanakan oleh tim penilai pada tingkat provinsi.

Hawari berharap, penilaian yang menuju pada pemberian penghargaan ini dapat turut memotivasi dan meningkatkan gairah para pelaksana di daerah untuk terus-menerus mempertahankan dan meningkatkan prestasi dalam pelaksanaan program ini.

Di samping itu, dengan penilaian ini, akan dapat kita peroleh gambaran tentang efektivitas pelaksanaan program, dampaknya terhadap keadilan gender, serta peran, akses, kontrol dan manfaat yang dirasakan oleh kaum perempuan beserta keluarga di desa.

Terima kasih kepada seluruh tim penggerak PKK, dan juga kepada seluruh warga masyarakat Desa Sirap Kecamatan Juai, terutama kepada ibu-ibu sebagai pihak yang paling berperan dalam kegiatan ini, atas segala usaha dan partisipasinya dalam pembangunan Kabupaten Balangan.

"Mudah-mudahan kerja keras dan upaya maksimal yang telah dilakukan seluruh warga Desa Sirap, serta semua pihak yang terlibat, dapat memperoleh penilaian yang positif dari para anggota tim penilai program terpadu P2W-KSS dan KSI Provinsi Kalimantan Selatan," tutupnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015