Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Ia mengucapkan, terimakasih kepada Kecamatan Angkinang tahun 2021  tercepat melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Karena bagaimana pun PBB itu sangat penting. karena sekarang PBB 100 persen masuk ke kas daerah sehingga kita bisa gunakan untuk pembangunan," katanya, dalam sambutan, Senin (14/2).

Dijelaskan dia, untuk semua usulan masyarakat menjadi perhatian pemerintah daerah, dan tentu perlu juga diingat bahwa tidak semua usulan bisa terakomodir sangat tergantung dengan kemampuan keuangan daerah.

Baca juga: Bupati HSS hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Kandangan

Ia juga mengingatkan jangan hanya meminta usulan bersifat fisik walaupun itu penting, namun perlu diperhatikan sesuatu hal yang juga tidak kalah penting adalah hal-hal yang bersifat non fisik. Di Kecamatan Angkinang ini masih terdapat angka stunting, dan ada angka putus sekolah tingkat SD maupun SMP.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Angkinang, Sabilarrasyad, mengatakan dalam musrenbang kecamatan ini telah disusun skala prioritas untuk tahun anggaran 2023, berdasarkan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui musyawarah ditingkat desa.

"Dengan total usulan secara keseluruhan yang termuat dalam usulan-usulan daftar panjang Kecamatan Angkinang berjumlah 126 usulan, dan ini merupakan usulan dari 11 desa di Kec. Angkinang," katanya.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan pra musrebang yang dilaksanakan 10 Januari 2022 mengerucut menjadi 44 usulan, yang termuat dalam usulan daftar pendek Kecamatan Angkinang.

Baca juga: Musrenbang RKPD tahun 2023 digelar di Kecamatan Sungai Raya

Pihaknya berharap usulan-usulan yang disampaikan hari ini dapat di akomodir dengan ketersediaan dan kemampuan anggaran yang ada dan selaras dengan kebijakan pemerintah yang tertuang dalam RPJMD.

Sebelum dibukanya Musrenbang ini, Bupati HSS terlebih dahulu menyerahkan penghargaan lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada beberapa desa di
Kecamatan Angkinang. Selain itu, pada kesempatan yang sama juga diserahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Angkinang.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS, H. Akhmad Fahmi, Wakil Ketua I DPRD, Rodi Maulidi dan anggota DPRD Dapil II, asisten, staf ahli, kepala SKPD, kepala desa se Kecamatan Angkinang, ketua BPD, TP. PKK kecamatan dan desa, serta perwakilan forum anak.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022