Banjarmasin, (Antaranaews Kalsel) - Kota Banjarmasin bakal kedatangan dua kapal perang milik TNI-AL di mana kapal tersebut khusus melakukan evakuasi korban asap yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan.

"Dua kapal tersebut akan bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Sabtu (24/10) malam," kata Komandan Pangkalan TNI-AL Banjarmasin Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto di Banjarmasin, Jumat.

Ia mengatakan, dua kapal perang yang datang itu bernama Kapal Rumah Sakit KRI dr. Suharso-990 dan KRI Banda Aceh-593.

Selain itu juga pada Jumat (23/10) malam rencana akan berangkat dari Jakarta dua KRI lagi yakni KRI BCA (Banda Aceh) dan KRI TJA (Teluk Jakarta).

Untuk dua KRI BCA dan KRI TJA akan mengangkut personel dan material guna membantu penanggulan bencana asap dan kebakaran hutan serta lahan di dua provinsi.    

Dengan seringnya kedatangan kapal perang itu pihak Pangkalan TNI-AL Banjarmasin, tentunya selalu siap dan langsung berkoordinasi dengan pihak Korem 101/Antasari.

Terus dikatakannya, untuk informasi sementara kapal perang tersebut diperkirakan mengangkut personel yang jumlahnya sekitar 100 personel Kesahatan TNI-AD, TNI-AL/Marinir, Ransum, Tenda Kesehatan dan dapur lapangan.

"TNI akan terus memberikan bantuan tenaga dan lainnya guna mengatasi dan menanggulangi kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia ini," katanya.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015