"Pasukan Habang" atau Pasukan Merah ramai-ramai menyerbu Pulau Burung Batulicin, ibukota Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, Ahad (23/1/22).

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Syaripuddin SE MAP melalui WA-nya mengabarkan hal itu dari Batulicin (260 kilometer tenggara Banjarmasin).

"Kedatangan keluarga besar PDI Perjuangan ke Pulau Burung yang masih dalam wilayah Kecamatan Batulicin itu bukan sekedar rekreasi, tetapi menanam pohon bakau atau mangrove di pesisir kawasan pulau tersebut," ujarnya.

Pasukan Habang itu bukan cuma warga Batulicin, melainkan pula mereka dari Kecamatan Simpang Empat, Angsana, Kusan Hulu, Teluk Kepayang dan Kecamatan Mantewe.

Menurut M Syaripuddin yang akrab dengan sapaan Bang Dhin dan kini Wakil Ketua DPRD Kalsel tersebut, penanaman mangrove  tanggal 23 Januari 2022 merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan penanaman pohon serentak seluruh Indonesia oleh PDI Perjuangan.

"Kegiatan penanaman pohon tersebut dalam rangka peringatan HUT ke-49 PDI Perjuangan sekaligus Hari Ulang Tahun Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri," ujarnya.
Para kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan melakukan penanaman mangrove di pesisir Pulau Burung Batulicin (260 kilometer tenggara Banjarmasin) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, 23 Januari 2022. (Istimewa)

"Merawat Pertiwi" seperti menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon, lanjut dia, upaya jajaran PDI Perjuangan untuk merawat dan melestarikan lingkungan biar tetap terjaga keasriannya.

Penanaman pohon mangroove di Pulau Burung 23 Januari 2022 tersebut, tambahnya, ada sebanyak 3000 batang. Sementara kegiatan yang sama juga di Kuin Banjarmasin, penanaman 500 pohon buah dan sekaligus pembersihan bantaran sungai.

Usai penyerahan bibit secara simbolis yang dilakukan oleh Bendahara Umum DPD PDI Perjuangan Kalsel, Syafruddin H Maming kepada Kepala Desa Pulau Burung Saidina, kegiatan penanaman pun langsung dilaksanakan di pesisir pulau tersebut.

Pulau Burung yang juga bisa untuk tempat rekreasi buat menikmati keindahan panorama wisata bahari dan melihat burung-burung yang bertengger di pohon bakau itu tidak jauh dari Batulicin, ibukota "Bumi Bersujud" Tanbu tersebut.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022