Khatib Rizali Akhmad mengingatkan kaum Muslim terutama jemaah Masjid An Nur Mandiri Banjarmasi amalan yang bisa memberikan keberkahan dan keselamatan.

"Amalan itu sangat mudah dan praktis, serta sesuai sabda Rasulullah Muhammad Saw," tegas khatib tersebut dalam khutbah sebelum shalat Jumat (21/1/22).

Ustadz muda itu menyebutkan amalan yang bisa memberikan keberkahan dan keselamatan yaitu "bismillah tawakaltu ilallah la haula wala kuata ila billah" atau zikir praktis dan mudah tersebut.

"Jadi kita kaum Muslim keluar rumah untuk bepergian atau suatu pekerjaan ucapkanlah selalu zikir tersebut. Insya Allah rezeki kita akan selalu Allah cukupkan serta mendapat berkah dan lindungan Allah SWT," ujarnya.

"Karena dalam kehidupan kita dalam hal rezeki yang berkah, bukan banyak. Percuma banyak kalau tidak berkah sehingga selalu merasa kekurangan atau tidak berkecukupan," lanjutnya.

Ia menambahkan, walau seandainya dalam perjalanan mendapat kecelakaan dan meninggal dunia, kematian tersebut berada di sisi Allah SWT.

"Dengan senantiasa mengucap zikir praktis dan mudah tersebut setiap mau memulai pekerjaan atau bepergian berarti kita ingat Allah dan berarti pula tidak akan melakukan sesuatu yang Allah larangan. Insya Allah kematian kita dalam keadaan Husnul khaatimah," tambahnya.

"Jadi tidak sia-sia kita mengucapkan bismillah tawakaltu ilallah la haula wala kuata ila billah. Karena juga merupakan amal ibadah sebagaimana sabda Rasulullah Saw," ujarnya.

Dalam khutbahnya khatib juga mengingatkan kaum Muslim untuk selalu mengucapkan kalimat-kalimat atau kata-kata bermanfaat.

"Spektasi kehidupan kita dari detik ke detik hendaknya yang bermaaf bagi manusia. Hal itu akan memperbaiki kesalahan kita," demikian Rizali Akhmad dalam khutbah pertamanya yang berdorasi sekitar lima menit itu.

Masjid An Nur Mandiri berada dalam kawasan Bank Mandiri Cabang Banjarmasin dan bank tersebut dulunya Kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM d/h Unlam) Banjarmasin.

Kampus perguruan tinggi negeri tertua di Kalimantan Selatan (Kalsel) atau Pulau Kalimantan itu yang dulunya berada dalam kota Banjarmasin, kini di pinggiran ibukota provinsi tersebut.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022