Pengurus Daerah Dewan Mesjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan masa bakti 2019-2014 resmi dilantik dengan Ketuanya H Nasrullah HR.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) DMI Kalimantan Selatan H Ilham Masykuri Hamdi disaksikan Plt Bupati HSU H Husairi Abdi dan Kepala Kemenag HSU di Gedung KH Idham Khalid Amuntai, Selasa (18/1/22)

"Kami berharap Pemerintah Daerah Hulu Sungai Utara dapat membantu membina dan mengayomi kepengurusan Dewan Mesjid Indonesia yang baru dilantik sehingga dapat lebih berkiprah di daerah," ujar H Ilham Masykuri Hamdi.

Masykuri menitik beratkan arahan sambutannya bagi pengurus PD DMI HSU agar dapat mengajak umat dalam upaya memakmurkan masjid dan dilingkungan masjid. 

Plt Bupati HSU berharap PD DMI yang baru dilantik dapat berkiprah bersama-sama dalam memakmurkan masjid dan memberdayakan masjid. 
 
Suasana pelantikan PD DMI Kabupaten HSU periode 2019-2024 di Aula DR KH Idham Khalid Amuntai, Selasa (18/1/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

"Inti dari memakmurkan masjid adalah menegakkan shalat berjama'ah, yang merupakan salah satu syi'ar islam terbesar  merupakan indikator utama keberhasilan kita memakmurkan masjid," ujar Husairi.

Menurut Husairi, keberhasilan dalam memakmurkan masjid dapat diukur dengan seberapa jauh antusias umat dalam menegakkan shalat berjamaah.

Disampaikan, dalam perjalanan sejarah, masjid telah mengalami perkembangan yang pesat, baik dalam bentuk bangunan maupun fungsi dan perannya hampir dapat dikatakan, dimana ada komunitas muslim di situ ada masjid.
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi Lc menyampaikan sambutan pada Pelantikan PD DMI periode 2019-2024 di Aula DR KH Idham Khalid Amuntai, Selasa (18/1/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

"Memang umat islam tidak bisa terlepas dari masjid disamping menjadi tempat beribadah, masjid telah menjadi sarana berkumpul, menuntut ilmu, bertukar pengalaman, pusat da'wah dan lain sebagainya," jelasnya.

Husairi juga berharap pengurus dapat menjadikan masjid sebagai tempat pembinaan kader umat dan kader bangsa melalui berbagai aktivitas pendidikan dan dakwah serta kegiatan lainnya sehingga peran dan fungsi serta tujuan didirikannya masjid benar benar dapat terwujud. 

Berdasarkan laporan ketua PD DMI Kabupaten HSU yang terpilih H Nasrullah HR setidaknya total 122 buah mesjid berada di kabupaten HSU, yang terdiri dari satu buah mesjid Agung, mesjid besar sebanyak 10 buah dan tiga buah mesjid bersejarah, sedangkan untuk jumlah langgar atau musholla berjumlah 669 buah. 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022