Khatib H Ilham Masykuri Hamdie mengajak kaum Muslim positif, baik dalam pola berpikir maupun berperilaku dan termasuk berprasangka.

"Sikap positif itu, baik terhadap Allah SWT maupun makhluk ciptaan Nya, dalam hal ini termasuk sesama manusia,": ujarnya dalam khutbah di Masjid Iqra Mahligai Al Qur'an Kayu Tangi Banjarmasin, sebelum shalat Jumat (14/1/22).

"Terlebih dengan Allah SWT jangan sekali-kali berprasangka negatif. Karena Allah akan melakukan apa yang hamba Nya prasangkakan kepada Nya,": lanjutnya dengan mengutip hadits Rasulullah Muhammad Saw.

Sebagai contoh ketika mendapat musibah atau doa yang belum Allah kabulkan jangan berprasangka buruk kepada Nya, tambahnya.

Sebelumnya putra almarhum HM Rafie Hamdie, pendiri Kursus Da'wah Praktis (KDP) Banjarmasi itu menerangkan, panduan untuk selalu berpikir dan berperilaku positif seperti isi makna bacaan dari duduk tahyat waktu melaksanakan shalat.

"Kemudian ditutup dengan membaca 'Subhanallah, Alhamdulillah dan Allahuakbar masing-masing sebanyak 33 kali," katanya.

"Bacaan waktu tahyat serta tasbih pada penutup shalat mempunyai makna mendalam dan totalitas dalam membentuk pola pikir serta berperilaku positif atau tidak berprasangka buruk," demikian Ilham Masykuri Hamdie.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022