Kabupaten Barito Kuala (Batola) salah satu sentra pertanian di Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan geografi bersampingan Sungai Barito memiliki potensi perikanan yang hasilnya cukup menjanjikan.

Anggota DPRD Kalsel Dr H Karlie Hanafi Kalianda SH MH mengungkapkan itu sesudah melakukan reses pada sejumlah desa di daerah pertanian pasang surat Batola tersebut beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan, seperti di Kecamatan Kuripan sekitar 80 persen masyarakat setempat usaha perikanan budidaya dan lebih banyak perikanan tangkap.

Potensi perikanan tangkap dan budidaya itu seperti jenis ikan haruan (gabus), papuyu (sejenis betok), patin, udang galah, lais, jelawat, pipih (balida), sanggang, Lawang, baung dan lainnya.

Selain budidaya dan melakukan tangkapan di perairan umum, usaha perikanan masyarakat Batola tersebut juga ada yang melaut karena secara geografis tidak terlalu jauh dengan pantai selatan yang berbatasan Laut Jawa (Laut Indonesia).

Oleh karena itu, wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel III/Batola tersebut mengharapkan agar pemerintah daerah mengadakan "rumah pendingin" (Cool Storage) supaya bisa menampung sebagai stok dan ikan dapat bertahan lama.

"Hal tersebut juga kita harapkan agar kegiatan penangkapan ikan dapat ditingkatkan, karena hasil tangkapan tidak akan cepat busuk atau bisa bertahan lama," demikian Karlie Hanafi Kalianda.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022