Percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus dilakukan jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika HSS kembali mendatangi dari rumah ke rumah warga, menyisir warga di Desa Sungai Garuda, Kecamatan Daha Utara yang belum menerima vaksin.

Kepala Diskominfo HSS, Hj Rahmawaty, di Sungai Garuda, Kamis (23/12), mengatakan melalui pendekatan dan penjelasan kegunaan vaksin kepada warga, bersyukur ada 113 orang warga berhasil diajak untuk mendapatkan vaksin.

"Dari ke 113 warga tersebut, 10 orang di antaranya tidak lolos screening, sedangkan 103 warga lainnya bisa lanjut dan kini telah mendapatkan vaksin," katanya, saat memberikan keterangan.

Baca juga: Hadiah motor dan door prize lainnya, Pemkab HSS dorong percepatan vaksinasi

Dijelaskan dia, tim dari Diskominfo HSS tidak sendiri, namun bersama dan bekerjasama dengan tim yang terlibat hari ini baik perwakilan dari kecamatan, desa, anggota Polri dan TNI, serta tim vaksinator dari puskesmas setempat.

Dari rumah ke rumah atau "door to door" menyambangi warga dan memberikan pemahaman supaya mau dan tidak takut divaksin. Percepatan vaksin ini sangat diperlukan untuk mewujudkan kekebalan kelompok (herd immunity), atau yang juga dikenal sebagai "kekebalan populasi".

Kekebalan kelompok adalah konsep yang digunakan untuk imunisasi, di mana suatu populasi dapat terlindung dari virus tertentu jika suatu ambang cakupan imunisasi tertentu telah tercapai.

Baca juga: Sekda HSS minta pihak terkait berkontribusi guna percepatan vaksinasi

"Kekebalan kelompok ini penting dan akan sangat membantu untuk mencegah penyebaran dan penularan virus COVID-19 yang masih terus saja berlangsung," katanya.

Ditambahkan dia, melalui kesadaran, usaha dan niat baik bersama seluruh masyarakat dalam melaksanakan segala upaya protokol kesehatan dan vaksinasi ini, wabah virus COVID-19 ini diharapkan dapat segera dilewati dan terselesaikan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021