Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS) melaksanakan sosialisasi Gerakan Keluarga Cerdas Berinternet untuk Kelompok UP2K, Sosialisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan UP2K, dan Pelatihan Pengelola Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), bertempat di Pendopo Bupati HSS.

Wakil Ketua II TP PKK HSS, Jauhartati, di Kandangan, Senin (15/11), mengatakan tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan, mengenai peningkatan pendapatan keluarga melalui bermacam-macam kegiatan ekonomi keluarga di pedesaan.

"Dengan peserta terdiri dari Ketua TP PKK kecamatan, Ketua dan Pengurus Pokja II kecamatan, Ketua dan Pengurus Pokja II desa, serta anggota kelompok UP2K yang dilaksanakan selama dua hari, mulai dari Senin 15 November 2021 sampai dengan Selasa 16 November 2021, terdiri dari dua angkatan," katanya, saat menyampaikan laporan kegiatan.

Baca juga: Dinas ketahanan pangan dan PKK HSS kerjasama bimtek kader pangan beragam B2SA

Dijelaskan dia, untuk materi pelatihan dan sosialisasi, yakni pemanfaatan teknologi informasi, cerdas berinternet dengan menggunakan media sosial dalam produktif dan positif, pengembangan pemasaran hasil UP2K dimasa pandemi melalui penjualan online, pembentukan dan pengembangan koperasi, serta cerdas mengelola ekonomi keluarga dimasa pandemi.

Sementara untuk, Pelatih dan pengajar menghadirkan pembicara dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten HSS, Dinas Tenaga Kerja Koperasi UKMP, dan Pokja II TP-PKK Kabupaten HSS.

Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah, mengarahkan kepada seluruh kader PKK di Kabupaten HSS untuk mensukseskan gebrak vaksinasi, karena di Kabupaten HSS cakupan vaksinasi masih berada di atas 30 persen.

"Para kader PKK agar menjadi pelopor penggerak untuk mengajak masyarakat agar mau bervaksin, karena COVID-19 ini belum berakhir, jadi diharapkan terus melaksanakan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Baca juga: Penyuluhan PAAR untuk tingkatkan pengetahuan kader PKK HSS

Terkait kegiatan Sosialisasi Gerakan Keluarga Cerdas Berinternet, diharapkan menjadi langkah untuk dapat meningkatkan penggunaan internet dengan sebaik-baiknya. Selain itu, Sosialisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui internet juga dapat membawa dampak positif jika dimanfaatkan dengan baik dan benar.

Dalam hal Pengembangan UP2K, media sosial dapat membuat lebih mudah pemasaran makin besar dan dapat menjadi media promosi yang sangat efektif guna meningkatkan pendapatan keluarga.

"Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, dapat diikuti dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal sebagaimana harapan kita bersama," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021