Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - masyarakat khususnya pengguna jalan apalagi kendaraan berat diminta berhati-hati melintasi lima buah jembatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.


Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid di Amuntai mengatakan ada sebanyak lima buah jembatan yang segera di bangun rangka baja dan diaspal hotmix karena kondisinya yang muali tua dan perlu perbaikan.

"Jembatan rampung dikerjakan di 2016 sementara kita pasang rambu bagi masyarakat dan pengguna jalan khususnya kendaraan berat agar berhati-hati saat melintasi jembatan karena kondisinya agak rawan," Ujar Wahid.

Wahid mengatakan jembatan yang segera direhab yakni Jembatan Pasar Sabtu-Banyu Hirang, Jembatan Bayur-Pasar Candi Sungai Malang, Jembatan Hambuku, Jembatan Sungai Limas dan jembatan Tangga Ulin -Pasar Amuntai.

Sebagian besar jembatan, kata Wahid dibangun menggunakan dana APBD kecuali jembatan Tangga Ulin -Pasar Amuntai menggunakan dana APBD 2016.

Wahid berharap perbaikan kelima jembatan di 2016 akan meningkatkan perekonomian masyarakat, hususnya banyak perajin dan tani nelayan mengangkut hasil pekerjaan ke kota diwilayah itu.

Saat meninjau perbaikan Jembatan Sungai limas di Kecamatan Haur Gading, Wahid mengatakan sudah merencanakan rehab total Jembatan Sungai Limas seiring selesainya pengaspalan jalan desa di kedua sisi jembatan.

"Belum sempat dibongkar jembatan sudah ambruk padahal sudah dipasang rambu peringatan agar kendaraan berat tidak melintas, apalagi kejadian ambruk jembatanb terjadi saat subuh," terang Bupati.

Wahid mengatakan Jembatan Sungai Limas Ambruk Selasa (6/10) pagi saat sebuah truk bermuatan kayu melintas diatasnya. Dinas Pekerjaan Umum segera melakukan rehab total jembatan itu karena merupakan jembatan alternatif satu-satu yang bisa dilewati.

"Jembatan satunya lagi yakni Jembatan Luk Suga sedang dibongkar dan diperbaiki sehingga praktis Jembatan Sungai Limas -Pihaung satu-satu jembatan yang bisa dilintasi kendaraan," terang Wahid.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Agus Susiawanto memastikan sekitar 10 hari lagi jembatan Sungai Limas Rampung dikerjakan.

Dinas PU sempat kesulitan mengangkut alat berat untuk mengangkat badan truk yang terbalik kesungai karena jalan desa di dua sisi jembatan baru saja diperbaiki dan diaspal./Eddy Abdillah

Pewarta:

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015