Di awal tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), tingkat kecamatan untuk tahun 2023 mendatang.

Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan kedua, setelah dilaksanakan Musrenbang pada tingkat desa dan kelurahan. Musrenbang tingkat Kecamatan di HSS dilaksanakan dari tanggal 11 Januari sampai delapan Februari 2022, Simpur dipilih menjadi titik pertama pelaksanannya, di aula kantor kecamatan setempat.

"Pada awalnya usulan yang diterima untuk Kecamatan Simpur sangat banyak, namun pada kegiatan Pra Musrenbang tahun ini sudah dikerucutkan menjadi 33 usulan. Seluruh usulan tersebut mencakup Bidang Infrastruktur, Bidang Sosial Budaya, dan Perekonomian," kata Camat Simpur, M Taufiqurrahman, Selasa (11/1).

Baca juga: Serap aspirasi masyarakat melalui dialog pembangunan Loksado

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan Musrenbang Tahun 2023 ini berfokus pada upaya penyelesaian perencanaan pembangunan daerah, sebagai penjabaran visi dan misi Bupati 2018-2023.

Dijelaskan dia, kegiatan ini memadukan bottom-up dan top-down antara perencanaan di bawah dengan kebijakan pemerintah, dengan harapan diawali suasana yang bagus di Kecamatan Simpur ini akan selesai di 11 Kecamatan yang lain, dan akan lanjut Musrenbang Kabupaten.

"Intinya adalah mengawal sampai target Rencana Pembangunan Jangan Menengah Daerah (RPJMD) kita selesai," katanya, dalam arahan sekaligus membuka kegiatan musrenbang.

Musrenbang tingkat kecamatan juga dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan, sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah.

Baca juga: Advokasi KLA tingkatkan peran tugas gugus tugas di HSS

Sebelum dibukanya Musrenbang, Bupati HSS terlebih dahulu menyerahkan penghargaan lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada beberapa desa di Kecamatan Simpur, juga diserahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Kecamatan Simpur.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Sekda HSS, H. Muhammad Noor, perwakilan anggota DPRD HSS, para asisten, staf ahli, para kepala OPD lingkup HSS, Forkopimcam.

Juga, Ketua TP-PKK Simpur, kepala instansi vertikal, para kepala desa beserta ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, forum Anak, dan berbagai stakeholder terkait dengan pelaksanaan pembangunan di tingkat Kecamatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022