Batulicin, (AntaranewsKalsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melatih kader untuk memberikan pelayanan masyarakat guna mengobati, menangani, dan mencegah penyakit filariasis atau kaki gajah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu H Damarah di Batulicin, Senin mengatakan pelatihan kader pengobatan dan pencegahan diikuti 50 orang-100 orang.

"Kader pencegahan penyakit filariasis akan bertugas memberikan penyuluhan dan membagikan obat antifilariasis kepada masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu," katanya.

Dengan adanya kader, kata dia, nanti bisa membantu tugas tim kesehatan di lapangan, terutama dalam pembagian obat dan pemeriksaan masyarakat agar terhindar dari penyakit filariasis.

Selain itu masyarakat juga mudah untuk mendapatkan pelayanan tanpa harus mendatangi rumah sakit maupun ke puskesmas.

"Kami menargetkan semua masyarakat di Tanah Bumbu memperoleh obat filariasis agar program Tanah Bumbu terbebas dari penyakit kaki gajah bisa sukses," katanya.

Menurutnya, peyakit filariasis adalah jenis penyakit yang berbahaya dan bisa menular melalui nyamuk yang yang ada di sekeliling kita.

"Pengobatan ini akan terus kami lakukan dan selalu kami pantau hingga seluruh masyarakat di Tanah Bumbu benar-benar terbebas dari penyakit pilaria," ujarnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015