Pelaihari, (Antaranews Kalsel) – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat (P3GD), di Aula BP3T,  Senin (05/10 ).


Ketua Panitia Pengelenggara H Abu Hanif  mengatakan,  diselenggaranya Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat, salah satu untuk memberikan pengetahuan  maupun  ketrampilan dalam memberikan pertolongan pertama atau pertolongan pada kejadian gawat darurat kepada masyarakat.

Menurut dia,  dengan pengetahuan tersebut masyarakat dapat secara mandiri menolong atau memberi bantuan kepada orang lain yang memerlukan,  sehingga pada akhirnya menjadikan masyarakat  sebagai bagian dari public safety care. 

Dijelaskannya, public safety care  sebagai ujung tombak safety community merupakan  sarana publik atau masyarakat yang merupakan perpaduan dari  pelayanan ambulan gawat darurat,  pengamanan , dan  penyelamatan tingkat pertama. 

Terpisah,  Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Tanah Laut Sutarno mengatakan,  tujuan diadakan pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam memberikan pertolongan atau penanganan pada kasus-kasus gawat darurat kecelakaan di tempat kerja atau di rumah tangga.

“ Meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam memberikan pertolongan atau penanganan pada kasus-kasus gawat darurat,  baik  penyakit  jantung dan henti nafas,” tegasnya. 
 

Pewarta: arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015