Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina mempercayakan Endang Waryono, Sekretaris PDAM Bandarmasih, menjadi Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pengelolaan Air Limbah Domistik (PALD) untuk periode 2022--2027.

Endang yang menggantilan Direktur sebelumnya Rahmatullah dilantik Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina disampingi Wakilnya H Arifin Noor dan Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman di Balaikota hari ini (Senin/3/1/2022).

Pada saat itu juga, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina juga menetapkan Dewan Pengawas (Dewas) Perumda PAL dan Domistik Kota Banjarmasin Taufiq Adi Rahmanie.

Taufiq Adi Rahmanie merupakan Kepala Bidang Perinduatrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, sementara itu Endang Waryono sebelumnya Sekretaris Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih, Kota Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan, berharap besar dengan Direktur Perumda PAL dan Domistik yang baru ini bisa membawa perusahaan yang baru terbentuk sebagai Perumda tersebut lebih baik lagi dan maju.

"Bukan hanya tugas rutin melayani warga, tetapi juga bisa profit. Itu harapannya," ucap Ibnu Sina.

Sementara itu, Endang Waryono menyatakan komitmen untuk memajukan Perumda PAL dan Domistik sesuai arahan wali kota, khususnya memperluas cakupan wilayah pelayanan setidaknya 10 persen.

"Saat ini kan cuma sekitar 5 persen cakupan layanan ke masyarakat," tuturnya.

Endang mengatakan, perlu upaya yang keras untuk meningkatkan pelanggan PAL dan Domistik ini yang saat ini hanya sekitar 5 ribu pelanggan.

"Kalau pelanggan PDAM itukan sekitar 170 ribu yang aktif, sekitar 10 persen apalagi sampai 50 persennya bisa jadi pelanggan kita kan luar biasa," tuturnya.

Namun yang terpenting itu saat ini dirinya akan berkoordinasi diinternal dulu.

"Kita ni kan orang baru, perlu koordinasi dulu di dalam, seperti apa suasananya," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022