Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Machli Riyadi melaporkan capaian vaksinasi COVID-19 di kotanya jelang tutup tahun ini sudah 77,51 persen dari target sebanyak 711 ribu sasaran.

"Tercapainya sudah 77,51 persen hingga hari ini (30/12/2021) tersebut untuk suntik dosis pertama," ujarnya di Banjarmasin, Kamis.

Dia mengatakan, Pemerintah Kota Banjarmasin menargetkan bisa mencapai 80 persen hingga tutup tahun ini, di mana ini waktu tertinggal satu hari ini akan digenjot lebih maksimal lagi gelar vaksinasi.

"Hari ini yang mengikuti vaksin untuk dosis pertama itu sebanyak 4.293 orang hingga totalnya sudah sebanyak 400 ribu lebih," bebernya.

Sedangkan, lamjut Machli Riyadi, untuk yang sudah menerima suntik vaksin dosis kedua pada hari ini sebanyak 1.823 orang, di mana totalnya kini sudah sebanyak 357 ribu orang atau sudah 59,26 persen.

"Sedangkan untuk yang menerima suntik dosis ketiga hari ini ada tambahan 24 orang, hingga totalnya yang sudah menjalani booster sebanyak 5.883 orang atau baru 1,14 persen," tutur Machli Riyadi.

Dia pun menyampaikan, bahwa kendala percepatan vaksinasi masih pada warga lanjut usia (Lansia), karena hingga kini masih pada angka 42 persen untuk suntik dosis pertama dan 32 persen yang sudah menerima dosis kedua dari total target sasaran sebanyak 45 ribu.

Dia pun mengatakan, upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi Lansia ini terus dilakukan, bahkan bersama TNI-POLRI, gelar vaksinasi COVID-19 secara massal ini disertai dengan adanya pembagian hadiah untuk meningkatkan minat masyarakat bervaksin.

"Selain kita terus himbau masyarakat untuk bervaksin, pada perayaan tahun baru ini masyarakat untuk menghindari kerumunan, terus disiplin terapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Dari laporan Dinkes Kalsel, untuk kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin tidak ada tambahan untuk hari ini, hingga total kasus COVID-19 masih sebanyak 15.876 orang, sembuh sebanyak 15.328 orang dan meninggal dunia sebanyak 544 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021