Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berkomitmen menciptakan lingkungan  sehat guna meningkatkan produktivitas civitas akademika0 dalam mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

"Hari ini kita laksanakan penguatan komitmen implementasi program Health Promoting University (HPU) kolaborasi ULM dan Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan sebagai langkah maju menciptakan lingkungan yang mendukung pola hidup sehat," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarbaru, Kamis.

ULM bersama Dinas Kesehatan, kata dia, memperkuat kerja sama dalam mewujudkan HPU dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di lingkungan kampus. 

Dijelaskan Sutarto, kampus sehat dimaknai sebagai suatu pendekatan yang memfokuskan pada kesehatan secara holistik. Dalam konteks universitas bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang dapat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan keberlanjutan masyarakat.
Rektor ULM Prof Sutarto Hadi memberikan tanda tangan sebagai komitmen program Health Promoting University. (ANTARA/Firman)


Menyikapi situasi pandemi COVID-19, dipastikan Sutarto pula penerapan  protokol kesehatan jadi satu langkah sejalan dengan program HPU.

Apalagi ULM memiliki Tim Pakar untuk Percepatan Penanganan COVID-19 dan Satgas COVID-19 di masing-masing fakultas yang bertugas menekan dan mencegah penularan penyakit menular COVID-19.

"Kami berterima kasih juga kepada Tim HPU Universitas Gadjah Mada (UGM) yang memberikan penguatan, dimana UGM turut merumuskan panduan untuk mengembangkan HPU di seluruh universitas di ASEAN pada tahun 2015-2018," timpalnya.
Rektor ULM Prof Sutarto Hadi menyaksikan penandatanganan kerja sama komitmen program Health Promoting University. (ANTARA/Firman)


Adapun narasumber yang menyampaikan materi pada kegiatan di Auditorium ULM di Banjarbaru itu Wakil Rektor III ULM Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Muhammad Fauzi, Kepal Dinas Kesehatan Kalsel M Muslim serta Ketua Pokja HPU UGM Prof Dra Yayi Suryo Prabandari, MSi., PhD.

Sebanyak 400 peserta hadir secara tatap muka dan juga daring melalui sistem hybrid dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021