Bupati Banjar Saidi Mansyur berupaya mengatur strategi untuk meningkatkan jumlah anggota masyarakat sudah disuntik vaksin melalui percepatan vaksinasi sehingga bisa mencapai target 70 persen. 

"Kami akan berupaya maksimal agar percepatan vaksinasi di Kabupaten Banjar terus dilakukan dan menjadi perhatian seluruh pihak sehingga bisa mencapai target 70 persen pada akhir Desember 2021," ujarnya, Senin. 

Pernyataan itu disampaikan bupati didampingi Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsyie dan Sekdakab Banjar M Hilman saat memimpin rapat koordinasi mingguan di Aula Barakat lantai 2 Kantor Bupati Banjar.

Menurut Saidi, ada beberapa strategi yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi antara lain pemberian reward kepada pihak kecamatan dan desa di kabupaten setempat.

Selain itu, juga menyiapkan hadiah umroh bagi enam orang warga yang beruntung dengan tujuan menarik minat masyarakat agar bersedia divaksinasi untuk memperkuat kekebalan tubuh masing-masing. 

"Dua strategi itu sudah dijalankan dan dalam beberapa minggu ini memang mengalami kenaikan persentase capaian vaksinasi, tetapi kenaikannya masih rendah sehingga harus lebih ditingkatkan lagi," ungkapnya. 

Dikatakan, strategi lain yang sudah dilakukan adalah meminta bantuan tambahan personel kepada pihak Provinsi Kalsel untuk membantu Dinkes Banjar dalam rangka kejar target vaksinasi.

"Kami meminta seluruh SKPD lebih berperan aktif dalam meningkatkan sasaran vaksinasi, dengan mengajak masyarakat divaksin sebagai upaya meningkatkan capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Banjar," kata dia. 

Kepala Dinkes Banjar dr Diauddin mengatakan, capaian vaksinasi sudah sebesar 43,39 persen, dengan jumlah suntikan pertama 191.880 jiwa, stock vaksin 32.458 dosis terdiri dari Astrazenaca sebanyak 17.330, Pfizer sebanyak 5.688 dan Sinovac 9.440.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021