Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Prof Mahfud MD dan Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof Syarifuddin menjadi pembicara utama seminar nasional bertajuk "Politik hukum dalam reformasi sistem peradilan di Indonesia" yang dilaksanakan Selasa (21/12) di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

"Alhamdulilah sejumlah tokoh nasional dan pakar hukum bakal hadir di seminar nasional ini selain Menkopolhukam dan Ketua MA," terang ketua pelaksana Prof Dr Abdul Halim Barkatullah di Banjarmasin, Senin.

Acara yang terselenggara hasil kerja sama Program Studi Magister Hukum Fakultas Hukum ULM dan Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Kalimantan Selatan itu dipastikan menarik dengan sejumlah materi tentang hukum terkini. 

Misalnya Menkopolhukam RI mengangkat tentang Politik Hukum Sistem Peradilan di Indonesia. Sementara Ketua MA dengan materi Peran Sistem Peradilan dalam Upaya Mewujudkan Keadilan di Indonesia.

Selain dua tokoh tersohor itu, hadir pula Wakil Ketua Komisi III DPR RI Sultan H. Khairul Saleh dengan materi "Menggagas Sistem Peradilan di Masa Depan".

Kemudian Sesjampidum Kejaksaan Agung Yunan Harjaka dengan materi Urgensi Sistem Peradilan yang Bersih di Indonesia.

Selanjutnya Guru Besar UII Prof Dr. Ni'matul Huda, S.H., M.Hum membawakan "Pergeseran Sistem Peradilan Indonesia di masa orde baru, reformasi, transisi dan konsolidasi demokrasi.

Terakhir ada Dr. Anang Sopan Tornado, S.H., M.H., M.Kn dari Fakultas Hukum ULM yang membahas sistem peradilan Indonesia, antara cita-cita dan realita.

Prof Halim yang juga Dekan Fakultas Hukum ULM menyebut dalam rangkaian seminar juga dilaksanakan pelantikan Pengurus DPW Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan periode 2020-2025 yang mana dirinya terpilih sebagai ketua.

Sedangkan untuk acara pembukaan diawali sambutan dari beberapa tokoh yaitu Rektor ULM Prof Sutarto Hadi, Rektor UII Prof Fathul Wahid serta Gubernur Kalimantan Selatan Dr (HC) Sahbirin Noor yang sekaligus didaulat membuka seminar secara resmi.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021