Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Disporapar bekerjasama Komunitas BALO-M (Balogo Murakata) menggelar lomba permainan tradisional balogo dalam rangka memeriahkan rangkaian hari jadi (Harjad) Kabupaten HST ke-62.

Bertempat di lapangan Dwi Warna Barabai, Minggu (19/12), Ketua penyelenggara Wahyudi Rahmad mengatakan tujuan lomba selain memeriahkan Harjad ke -62, juga memasyarakatkan kembali olahraga tradisional yang ada di HST.

"Juga sebagai memberikan alternatif olahraga rekreasi/hiburan bagi masyarakat, memberikan kegiatan dan hiburan pengganti kepada anak-anak agar tidak hanya bermain melalui game online dan melestarikan budaya masyarakat Bumi Murakata," katanya.

Wahyudi menjelaskan, peserta lomba adalah masyarakat HST dengan total peserta 157 tim, dibagi 3 kategori yaitu kategori pelajar, Dinas/ Instansi dan kategori Umum. Panitia memberikan piagam dan Piala serta uang pembinaan dengan total hadiah berupa uang sebesar Rp5,7 juta.

Bupati HST H Aulia Oktafiandi saat membuka acara menyampaikan ikut bangga, dimana olahraga tradisional dapat diselenggarakan dan dikemas dengan sedemikian rupa. "Olahraga tradisional ini mengajarkan kita tentang kebersamaan, kerjasama, dan gotong royong antar tim," tuntasnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021