Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan Prof Sutarto Hadi mengatakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing terbukti mampu melewati badai pandemi COVID-19 yang telah dua tahun membelenggu dunia.

"SDM yang berkualitas adalah aset bangsa yang harus dibangun dan dipelihara karena jadi benteng pertahanan dari serangan pandemi," kata dia saat prosesi wisuda ke-104 ULM di Banjarbaru, Kamis.

Menurut Sutarto, tahun depan bangsa Indonesia akan memasuki era yang sangat penting yaitu era baru yang lebih optimis setelah selama dua tahun dunia dilanda pandemi.

Salah satunya penyiapan SDM yang memiliki kecerdasan intelektual sekaligus berintegritas.

"Pembangunan SDM yang sehat, cerdas dan berkarakter adalah tugas utama pendidikan," tuturnya.
Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan wisuda ke-104 di Auditorium ULM di Banjarbaru. (ANTARA/Firman)


Sutarto menyatakan konsistensi ULM sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di pulau Kalimantan terakreditasi A terus mencetak lulusan mulai program diploma (D3) hingga doktor (S3) meski di tengah segala keterbatasan akibat pandemi.

Seperti wisuda di akhir tahun kali ini, sebanyak 798 lulusan lepas terdiri dari program diploma 4 orang, sarjana 697 orang, magister 95 orang dan doktor 2 orang.

"Alhamdulilah kita sudah mencetak 16 doktor yang berkiprah di berbagai bidang pekerjaan berkontribusi bagi kemajuan daerah sekaligus membawa nama harum ULM," jelas Sutarto.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021