Keberadaan Kelompok Pemanfaat dan Pemberdaya (KPP) Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Rejo Lestari Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru sukses mengolah sampah.

Ketua KPP Rejo Lestari, Mashudi, bersyukur atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan oleh pihak provinsi, karena dinilai berhasil mengolah sampah.

"Alhamdulillah, kita didampingi oleh Bumdes Pesona Rejo Jaya dari awal hingga mendapatkan predikat terbaik di Kalsel," tuturnya, dilaporkan, Jumat.

Dikatakannya, untuk opersional TPS pihaknya memanfaatkan iuran dari masyarakat, selain itu, juga dapat tambahan dari penjualan kardus, besi dan aluminium.

"Ke depan kita akan menjalin kerjasama dengan pihak Indocement, reduce akan kami press, mudah-mudahan berjalan lancar dan sampah kita akan dibeli oleh Indocement," terangnya, dalam siaran pers.

Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, H Adi Noryanto menjelaskan, di Kotabaru ada tiga TPS3R yaitu Tegalrejo, Sungai Taib, dan Sidomulyo.

"Yang diikutkan lomba Tegalrejo dan Sidomulyo. Dan Alhamdulillah, TPS3R Tegalrejo yang berhasil meraih penghargaan  opersional TPS3R,"ucapnya.

Menurut Adi, yang menjadikan mereka  meraih penghargaan ini yaitu dalam pengelolaan sampah sudah secara mandiri dari sampah dimasyarakat hingga ketempat pembuangan akhir, sehingga campur tangan dari pihak pemerintah hampir tidak ada lagi.

"TPS3R Rejo Lestari ini melayani hampir melayani 500 KK, sedangkan untuk sampah yang mereka kumpulkan 1 sampai 1,5 ton perhari,"terangnya.

Saat ini, kata Adi, untuk peran pemerintah dari pihak Kementerian yaitu adanya kucuran dana sebesar 600 juta yang dialokasikan untuk bangunan fisik dan juga infrastruktur lainnya.

Sedangkan untuk peran Pemerintah Daerah berupa supervisi."Tahun depan kita juga menganggarkan 100 juta untuk mereka dan akan kita tanya mereka perlunya apa dengan dana tersebut dan akan kita belikan,"ujarnya mengakhiri.

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021