Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tanah Laut menggelar Seminar Wawasan Kebangsaan Pancasila di Tengah Era Globalisasi dan Milenial dengan mengusung tema Gelorakan dan Kobarkan Semangat Kebangsaan dan Cintai Tanah Airmu, di Aula Kampus Politeknik Negeri Tanah Laut, Selasa (7/12).

"Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, cinta tanah air dan kebangsaan bagi seluruh rakyat Indonesia yang sudah mengalami penurunan,"ujar Bupati Tanah Laut HM Sukamta diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut  Muhammad Safarin.

Menurut dia, kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman tentang identitas bangsa sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memberikan pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika yang mulai luntur akibat pengaruh dari luar yang sangat kuat dan bisa menimbulkan disinergi bangsa.

Mencintai Tanah Air, jelas dia, adalah bagian dari iman karena Tanah Air adalah sarana utama untuk menjalankan agama.

"Saya mengajak para pemuda untuk menyatukan tekad dan bersama-sama menyebarkan kedamaian dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun," ajak Safarin.

Salah satu perwakilan dari Pemuda Pelopor Kalimantan Selatan Rohayat menuturkan,  melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kecintaan terhadap negara dan memupuk rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

"Tentunya harapan besar saya kepada para pemuda,  khususnya pemuda Bumi Tuntung Pandang mereka bisa lebih menghargai bangsa mereka dan juga daerah mereka yaitu Tanah Laut," ujar Rohayat. 

Peserta mengikuti kegiatan tersebut berasal dari Pemuda Pelopor Kecamatan Pelaihari, Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Tanah Laut (HPPMTL), Himpunan Mahasiswa Islam Tanah Laut, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tanah Laut.

Selain itu, para santri dan santriwati pondok pesantren di Kecamatan Pelaihari, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, Purna Paskibraka Tanah Laut serta perwakilan siswa SLTA sederajat di kabupaten setempat.

Turut hadir pada acara tersebut Perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Tanah Laut, Perwakilan Kementerian Agama Tanah Laut, Perwakilan Politeknik Negeri Tanah Laut, Ikatan Kerukunan Antar Suku Bangsa Provinsi Kalimantan Selatan, Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Kalimantan Selatan. 
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Tanah Laut menggelar Seminar Wawasan Kebangsaan Pancasila di Tengah Era Globalisasi dan Milenial dengan mengusung tema Gelorakan dan Kobarkan Semangat Kebangsaan dan Cintai Tanah Airmu, di Aula Kampus Politeknik Negeri Tanah Laut, Selasa (7/12).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021