Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa mewakili Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik yang dikelola Pemerintah Kota Banjarbaru.

Peresmian operasional gedung yang dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Banjarbaru dilakukan, Selasa bersama Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin dan undangan lain. 

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Sekdaprov Roy Rizali Anwar hadir ditengah-tengah acara yang juga diikuti Wakil Wali Kota Wartono, Sekda Banjarbaru Said Abdullah dan tamu undangan lainnya.

"Hadirnya MPP ini sebagai wujud komitmen Pemkot Banjarbaru dalam upaya memberikan pelayanan publik terbaik dan kemudahan bagi seluruh masyarakat," ujar wali kota disela peresmian MPP. 

Ia mengatakan, masyarakat memiliki beragam kepentingan dan tujuan yang disikapi Pemkot Banjarbaru dengan membangun gedung serupa mal yang didalamnya berisi counter-counter pelayanan dari berbagai pihak terkait. 

Dijelaskan, pelayanan MPP saling terintegrasi sehingga masyarakat yang berurusan bisa menyelesaikan segala keperluannya dalam satu tempat dan transparan baik biaya maupun waktu penyelesaian urusannya. 

"MPP wujud kehadiran pemerintah ditengah-tengah masyarakat sekaligus jawaban atas kebijakan publik yang harus adaftif dan berkelanjutan serta memudahkan dan menyederhanakan pelayanan yang  diberikan," ucapnya.

Dikatakan, instansi yang menempati counter-counter didalam gedung mal sebanyak 13 instansi yang beroperasi sejak Februari 2021 mulai dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Banjarbaru.

Kemudian, pelayanan polres dan kejaksaan negeri Banjarbaru, Dinas Pendapatan Provinsi Kalsel (UPPD Samsat), Pengadilan Negeri dan  Pengadilan Agama Banjarbaru, BPJS Tenaga Kerja, PT Taspen.

Counter perbankan juga ada seperti Bank Kalsel Cabang Banjarbaru, Bank BRI, BNN, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Banjarbaru (Disdukcapil) serta Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Banjarbaru.

Tak hanya itu, MPP juga dilengkapi fasilitas penunjang bagi kenyamanan setiap pengunjung seperti pelayanan disabilitas, ruang pengaduan dan konsultasi, meja layanan mandiri, ajungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Fasilitas pelengkap lainnya adalah tersedianya sudut baca, smoking area, ruang bermain anak, ruang laktasi, display informasi, musholla, coffe corner serta Pojok UMKM Banjarbaru menempati salah satu sudut mal.

"MPP sudah masuk sebagai calon penerima penghargaan Wilayah bebas Korupsi dan kami berharap aparatur bertugas profesional, berintegritas dan diharapkan mendapat status lebih tinggi yakni WBBM," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021