Barabai, (Antaranews Kalsel) - Transportasi haji dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, menuju emberkasi Bandara Syamsudin Noor dibiayai oleh pemerintah daerah menggunakan dana APBD pemerintah kabupaten setempat.

Kepala Staf penyelenggaraan haji Kabupaten HST H M yamani di Barabai Kamis, pada pelepasan calon jamaah haji mengatakan, transportasi dari daerah ke embarkasi ataupun sebaliknya ditanggung oleh Pemda HST, termasuk barang bawaan jemaah calon haji

Sebanyak 276 orang jamaah calon haji Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang terdiri dari 127 orang laki-laki dan 149 orang perempuan, dilepas secara resmi oleh Sekretaris daerah HST HA Agung Parnowo, di Mesjid AGung Riaydusshalihin Barabai, Kamis (10/9).

Kepala Kementerian Agama HST yang juga kepala Staf penyelenggaraan haji Kabupaten HST H M yamani, menyampaikan, jemaah calon haji di HST akan tergabung dalam kloter lima embarkasi Banjarmasin, sehingga total jamaah menjadi 359 oarang.

"Jadi dari HST sebanyak 276 dan 63 jemaah dari Batola, 15 dari kalimantan Tengah ditambah petugas kloter sebanyak lima orang," katanya.

Sekda HST HA AGung Parnowo, mengatakan seluruh jamaah calon haji merupakan orang-orang yang beruntung yang bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Dia berharap, para jamaah calon haji selalu meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus guna mendapatkan ridho dari Allah SWT, berdisiplin mengatur waktu sebaik-baiknya, berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum dan istirahat yang cukup.

"Saya juga menghimbau agar saudara sekalian tetap menjunjung tinggi harkat dan martabat urang banua, saling toleransi terhadap sesama umat serta menciptakan suasana damai dan akrab terhadap sesama jamaah haji," katanya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada jamaah calon haji untuk manetapkan niat, bahwa ke tanah suci semata-mata untuk beribadah, sehingga harus pandai-pandai menghindari hal-hal yang mengganggu kekhusyuan ibadah haji.

"Pelajari dan ulangi kembali pelajaran tentang manasik haji, karena bagaimanapun, itu semua untuk menyempurnakan ibadah kita," katanya.

Tidak kalah penting, adalah agar para jamaah menjaga kesehatan, persatuan dan kesatuan karena hanya dengan kebersamaan, kekeluargaan ibadah haji akan terasa indah dan nikmat, sehingga menjadi haji yang mabrur.

Turut berhadir Kapolres HST AKBP Syahril Saharda, para asisten, para staf ahli, para kepala SKPD terkait, tokoh agama dan seluruh jemaah calon haji.







Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015