Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono mengajak masyarakat gotong royong membersihkan lingkungan baik saluran drainase maupun tempat sekitar lainnya sehingga terhindar dari bencana seperti banjir. 

Ajakan itu disampaikan wawali saat mengikuti kerja bakti dan gotong royong pembersihan saluran drainase dan lingkungan di wilayah RW 001 dan RW 004 Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Selatan, Sabtu.

"Kami mengapresiasi panitia yang menjadi penggagas kegiatan ini dan mengajak seluruh warga untuk saling bergotong royong membersihkan lingkungan sehingga terhindar dari bencana," ujarnya disela kegiatan. 

Ia mengatakan, gotong royong penting karena bisa membersihkan lingkungan dengan kebersamaan dan disisi lain mencegah penularan penyakit karena lingkungan yang tidak bersih sehingga menjadi sarang penyakit. 

"Kebersihan lingkungan yang tidak terpelihara menimbulkan berbagai macam penyakit mulai diare, penyakit kulit, penyakit pernafasan maupun penyakit lain disebabkan tercemarnya air, tanah dan udara," sebutnya. 

Ditekankan, seluruh pihak baik warga yang tinggal dalam satu lingkungan maupun individu harus memiliki rasa kesadaran tinggi terhadap lingkungan sehingga bisa menjaganya agar tetap bersih dan terawat. 

"Kita harus menanamkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Jika bukan kita dan dilakukan sekarang, siapa lagi dan kapan lagi melakukan yang terbaik bagi lingkungan sehingga semua harus sadar," pesannya. 

Ketua RW 004 Sudi mengucapkan terima kasih atas kehadiran wawali yang melihat dan terjun langsung ikut gotong royong bersama warga untuk membersihkan lingkungan sekitar wilayah setempat. 

"Terima kasih pak wawali sudah hadir ditengah-tengah kami gotong royong membersihkan lingkungan sekitar dan drainase. Semoga bisa terhindar dari banjir akibat tingginya curah hujan," ucap Sudi mewakili warganya. 

Di sela gotong royong bersama warga membersihkan saluran drainase dan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka, wawali juga menanam bibit pohon berupa jambu biji di RTH Rina Karya sekitar kawasan itu. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021