Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Sejumlah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, mengeluhkan kabut asap yang menyelimuti sepanjang ruas jalan menuju perkantoran.


Salah seorang PNS Pemprov Kalsel Ari di Banjarbaru, Rabu mengatakan, kabut asap tebal menyelimuti sepanjang ruas Jalan Trikora menuju pusat perkantoran Pemprov Kalsel di kawasan itu.

"Kabut asapnya tebal sekali bahkan lebih tebal dibanding tiga hari lalu dan membuat jarak pandang terbatas, hanya 100 meter," ucap PNS lingkup sekretariat daerah itu.

Ia mengatakan, akibat terbatasnya jarak pandang membuat sebagian besar PNS tidak bisa mengikuti apel pagi dan terlambat masuk kerja karena terjadi kemacetan sepanjang jalan.

Disebutkan, sejumlah kendaraan terutama roda empat dikemudikan PNS kesulitan melintas di ruas Jalan Trikora sehingga menimbulkan kemacetan yang cukup panjang.

"Sepanjang ruas Jalan Trikora macet panjang dipenuhi mobil. Bahkan bus yang mengangkut penumpang juga tertahan tidak bisa jalan karena kabut asap tebal," ucapnya.

Pegawai lainnya Rini mengatakan, kabut asap yang turun sejak pukul 06.00 Wita sangat mengganggu aktivitas termasuk gangguan saluran pernapasan jika terhirup langsung.

"Hampir selama satu minggu ini saya mengenakan masker penutup mulut dan hidung karena kabut asap disertai bau menyengat mengganggu pernapasan," ujarnya.

Dilaporkan, hingga pukul 08.00 Wita, kabut asap masih menyelimuti kawasan perkantoran dan hampir seluruh PNS mengenakan masker saat beraktivitas.

Pusat perkantoran Pemprov Kalsel di Kecamatan Cempaka yang berjarak sekitar 10 kilometer sebelah Selatan pusat Kota Banjarbaru memang masih dipenuhi lahan kosong dan semak.

Selain itu, letaknya yang masih terbuka membuat kabut asap lambat terurai sehingga kepekatan kabut lebih tebal dibanding kawasan lain yang banyak dilintasi kendaraan.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015