Sosok Yosef Benyamin Yembise nampak berbeda dari deretan 16 pejabat administrasi yang dilantik Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan Tejo Harwanto, Jumat sore di Banjarmasin.

Perawakannya sebagai orang Papua terlihat jelas. Senyum ramah khas putra Bumi Cendrawasih pun memancar dari wajahnya. 

Bak sudah kenal lama, Yosef pun berkenan penuh rasa persaudaraan diwawancarai ANTARA ketika memintanya untuk menyampaikan kesan setelah pelantikan.

"Wartawan teman saya semua, dimana pun saya bertugas sering kumpul bareng media," ucap Yosef membuka obrolan membuat suasana cair seketika.

Didampingi sang istri tercinta Elia Yembise, pria kelahiran Jayapura 5 Juni 1970 itu menuturkan tugas di Kalimantan Selatan adalah kebanggaan baginya.

"Saya bertugas sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru, ini amanah yang dengan penuh rasa bangga saya jalankan," katanya.
Yosef Benyamin Yembise bersama istri tercinta Elia Yembise. (ANTARA/Firman)


Sebagai putra Papua, Yosef mengaku bahagia tugas selaku aparatur sipil negara (ASN) sudah keliling ke beberapa daerah. 

Setelah mengabdi di tanah kelahiran sebagai Kalapas Kelas IIB Nabire dan Kalapas Kelas IIB Manokwari di tahun 2014 sampai 2018, Yosef kemudian promosi menjadi Kalapas Kelas IIA Sragen, Jawa Tengah.

Dua tahun di pulau Jawa, dia kembali mendapatkan amanah bergeser ke pulau Kalimantan sebagai Kalapas Kelas IIA Tarakan, Kalimantan Utara.

Kini Kalimantan Selatan jadi ladang pengabdiannya. Bumi Lambung Mangkurat yang disebut Yosef daerah tentram dan damai penuh kesejukan. 

"Dari cerita teman-teman, masyarakat Kalsel ramah, hidup rukun dan damai. Saya senang dan bersyukur bisa diberikan kepercayaan mengabdi di Banua Kalsel," tuturnya penuh semangat.

Terkait keberadaannya di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Yosef mengatakan Kanwil di Kalsel adalah bhineka tunggal ika.

"Saya yakin dari Sumatera sampai hari ini ada orang Papua bertugas di Kanwil Kalsel, sehingga menjadi unik karena terdiri dari Sabang sampai Merauke. Inilah Kanwil bhineka tunggal ika," cetusnya sembari mengakhiri perbincangan singkat di Aula Kanwil Kemenkumham Kalsel itu lantaran harus melanjutkan kegiatan usai pelantikan.
Tejo Harwanto bersama 16 pejabat yang dilantik. (ANTARA/Firman)


Sebanyak 16 pejabat administrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel dilantik bersamaan Yosef Benyamin Yembise sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru.

Di antaranya Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin Herliadi dan Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Marabahan Herry Muhamad Ramdan serta sejumlah pejabat lainnya.

Tejo dalam amanatnya mengatakan ada tiga hal perlu dimiliki seorang ASN terkait kepemimpinan yaitu pertama manajerial, kedua teknis dan ketiga sosial budaya.

"Kalau pemimpin memiliki tiga kemampuan ini sekaligus maka pasti unggul dan istimewa ditopang sikap profesional melakukan segala sesuatu sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021