Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan berhasil menjadi juara dalam pencapaian target dosis vaksinasi yang ditetapkan pemerintah sebesar 70 persen dari sasaran 195.115 orang dengan realisasi 136.855 orang. 

"Pencapaian dosis vaksinasi hingga, Selasa siang mencapai 136.855 orang atau sebesar 70,14 persen melampaui target yang dicanangkan hingga akhir November sebesar 70 persen," ujar Wali Kota H M Aditya Mufti Ariffin.

Disebutkan wali kota yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Rizana Mirza, capaian dosis vaksinasi sebanyak 136.855 orang adalah peserta vaksin dosis I, sedangkan dosis 2 mencapai 111.285 atau 57,04 persen. 

Menurut dia, angka itu akan terus bertambah karena masih dilakukan input peserta vaksinasi yang tengah berlangsung di berbagai tempat dan data keseluruhan hari ini baru masuk keesokan harinya. 

"Jadi, capaian 70,14 persen adalah angka Selasa siang, belum masuk angka hingga peserta vaksinasi yang tengah mengikuti vaksinasi dimana seluruh datanya akan dimasukan besok hari," tambah kadinkes. 

Ditekankan wali kota, pihaknya berterima kasih kepada seluruh pihak baik dinas dan instansi di lingkungan Pemkot Banjarbaru maupun dukungan TNI/Polri serta swasta yang ikut ambil bagian dalam pelaksanaan vaksinasi. 

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak hingga mampu mencapai target dosis vaksinasi pertama di Kalsel. Meski pun target sudah tercapai tetapi program vaksinasi tetap dilakukan," ucap wali kota.

Dikatakan, pihaknya mengimbau masyarakat tetap mengikuti vaksinasi yang digelar di fasilitas pelayanan kesehatan baik puskesmas, rumah sakit, perkantoran pemerintah hingga bus vaksinasi keliling. 

"Kami mengimbau masyarakat tetap mengikuti program vaksinasi karena merupakan salah satu ikhtiar untuk menumbuhkan kekebalan tubuh dari virus Corona sekaligus mencegah penularan COVID-19," ujar dia. 

Ditambahkan, stok vaksin yang masih dimiliki cukup banyak mencapai 30 ribu dosis sehingga vaksinasi terus dilakukan sambil menunggu arahan pemerintah terkait vaksinasi bagi anak dibawah usia 12 tahun.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021