Bupati Kotabaru H Sayed Jafar berharap kepengurusan baru Dekranasda Kotabaru mampu mengembangkan ekonomi kreatif dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

"Saya berharap pengurus yang baru memiliki kemampuan dan kompetensi yang membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong industri kreatif di wilayah Kotabaru," kata bupati, saat pelantikan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kotabaru periode 2021-2024 di gedung Paris barantai.


Dekranasda berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan karya cipta serta produksi buatan negeri sendiri, sehingga dapat mengembangkan ekonomi kreatif dan  memberikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat.

Bupati juga meminta Dekranasda menyelaraskan program kerjanya sesuai visi-misi dan program pembangunan kabupaten kotabaru dengan memaksimalkan potensi kerajinan daerah, termasuk menjalin kerja sama dengan semua pihak, sehingga peran dekranasda dalam pembangunan di kabupaten kotabaru dapat benar-benar terwujud.

“ Semoga kedepan pengurus dekranasda bisa membantu para pengrajin dan UMKM lokal untuk maju dan tumbuh sehingga mampu meningkatkan perekonomian daerah, “ katanya, dalam siaran pers.

Sementara, Ketua Dekranasda Kotabaru Hj Fatma Idiana mengatakan bahwa kepengurusan dekranasda masa bhakti 2016-2021 telah berakhir, maka selanjutnya kepengurusan masa bhakti 2021-2024 akan menanti tugas-tugas ke depan dengan segala tantangan yang cukup komplek pula.

Selaku ketua dekranasda lanjutnya, Fatma menaruh harapan kepada seluruh anggota dekranasda kotabaru yang telah dilantik, agar mempunyai komitmen yang tinggi dalam bekerja, karena dengan komitmen akan menghasilkan karya-karya yang berdaya guna.


Produk kerajinan kabupaten kotabaru katanya, merupakan salah satu bidang usaha yang sebagian besar dilakukan oleh masyarakat golongan menengah, mikro kecil bahkan sebagai usaha rumah tangga yang tenaga kerjanya dari anggota keluarga itu sendiri. 

“Diperlukan suatu lembaga yang mewadahinya yaitu dekranasda yang bertanggung jawab dalam mengembangkan usaha yang berbasis kerakyatan tersebut, “ ujarnya.

“ Saya mengharapkan dengan adanyanya pelantikkan pengurus yang baru, dekranasda kabupaten kotabaru dapat lebih maju lagi kedepannya, apalagi tantangan semakin berat di masa pandemi covid-19, daya beli dan perekonomian saat ini sangat rendah, ini merupakan salah satu permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi dekranasda, “ pungkas Fatma.

Adapun pelantikan pengurus Dekranasda Kotabaru dilakukan oleh Ketua Dekranasda Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, dimana jumlah pengurus yang dilantik sebanyak 18 orang. 

Pewarta: ihi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021