Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut  menggelar Pelatihan Water Rescue Tahun 2021, di Pantai Batakan Lama, Sabtu (27/11).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Tanah Laut Sahrudin mewakili Bupati Tanah Laut HM Sukamta  mengatakan,  kejadian bencana banjir dalam lima tahun terakhir termasuk pada awal tahun 2021 melanda hampir seluruh wilayah Kabupaten Tanah Laut.

"Pelatihan ini menjadi sarana meningkatkan pengetahuan dasar tanggap darurat bencana para relawan,  terutama pada penyelamatan di air," jelas Sahrudin.

Sahrudin berharap,  para peserta pelatihan dapat menularkan ilmu yang didapat kepada anggota relawan lainnya yang tidak dapat hadir karena keterbatasan jumlah peserta akibat masih dalam masa COVID-19.

Peserta mengikuti kegiatan tersebut, jelas dia, berjumlah 80 orang,  terdiri dari tiga instansi di Pemkab Tanah Laut yang terlibat dalam kedaruratan penanggulangan bencana.

Tiga instansi tersebut, papar dia, Dinas Sosial Tanah Laut, Dinas Kesehatan Tanah Laut, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Tanah Laut serta 27 organisasi relawan tanggap darurat bencana di daerah tersebut.

Sementara, Kepala Basarnas Banjarmasin/Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Banjarmasin diwakili Kepala Subseksi Sumber Daya Pencarian dan Pertolongan Endrow Sasmita sangat  mengapresiasi kegiatan tersebut. 

"Kami di Basarnas memiliki kegiatan dengan jumlah terbatas. Kegiatan ini sangat membantu kami dalam berbagi pengetahuan dasar penyelamatan,"ungkap Endrow. 

Adapun paparan materi diberikan jajaran Basarnas Banjarmasin selaku narasumber diantaranya tentang Pengantar Pertolongan di Permukaan Air, Metode Pertolongan di Permukaan Air, serta Teknik Towing, Carry, Defend dan Release Terhadap Korban. 

Terpisah, peserta pelatihan Sugeng dan Sukamto  menyambut baik digelarnya kegiatan tersebut.

"Kami berharap kegiatan ini sering dilaksanakan. Banyak dampak positif dari ilmu yang didapat hari ini terutama dalam menangani korban," ujar anggota Orpala Tupan Meratus itu.

Turut hadir pada kegiatan itu diantaranya,  Sekretaris Camat Panyipatan, Danpos TNI-AL, Danpos Ramil Panyipatan dan PMI Kabupaten Tanah Laut.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut  menggelar Pelatihan Water Rescue Tahun 2021, di Pantai Batakan Lama, Sabtu (27/11).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021