Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra)  H. Muhammad Thaha, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengirim 14 peserta untuk berlomba dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Suara Emas ke-4 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) secara virtual

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS sudah memfasilitasi kegiatan ini karena dilaksanakan secara virtual, dan pemerintah memfasilitasi di dua tempat, yaitu di Media Center dan Aula Ramu Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS.

"Kabupaten HSS ikut berpartisipasi mengikuti lomba ini dengan mengirim 14 orang, dan berharap semoga peserta yang sudah disiapkan sedemikian rupa dapat membawa nama baik HSS, mudah-mudahan bisa mendapatkan yang terbaik," katanya, usai mengikuti pembukaan MTQ, Jum'at (11/9) lalu.

Baca juga: Sambut 10 Muharram, Bupati HSS serahkan santunan anak yatim

Dijelaskan dia, MTQ pada hakikatnya adalah untuk mensyiarkan Al-Quran, disamping mencari yang terbaik untuk mewakili MTQ pada tingkat selanjutnya.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ, Albani Abbas, menyampaikan MTQ Suara Emas ke-4 tingkat Provinsi Kalsel kali ini mengusung tema "MTQ Suara Emas Qari-Qariah Hafiz-Hafizah Bergema dan Bergerak Untuk Banua Maju".

Menurut dia, tujuannya sebagai upaya untuk membumikan dan mensyiarkan Al-Quran di banua Kalsel, sebagai pembinaan menggali dan meningkatkan potensi Qari-Qariah Hafizh-Hafizhah di Kalsel.

Acara ini dilaksanakan di Kabupaten Balangan melalui aplikasi media Zoom yang berpusat di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Balangan dari tanggal 11 September sampai dengan 13 September 2020.

"Kategori lomba ini golongan kanak-kanak trio, golongan remaja trio, golongan dewasa trio, dan Sari Tilawah. MTQ ini diikuti 10 kabupaten dan kota, dengan jumlah peserta sebanyak 164 orang," katanya.

Baca juga: Istighosah bersama Forkopimda HSS, meminta pertolongan Allah hadapi pandemi

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalsel, Adi Santoso, dalam sambutan mewakili Gubernur Kalsel mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar, yang terpenting harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Diharapkan dia, melalui kegiatan ini  dapat mewujudkan generasi yang cerdas, terampil, memiliki kemampuan teknologi informasi, dan juga generasi yang berkarakter, berakhlak mulia, yang berlandaskan Al-Quran dan Sunah Rasul.

Setelah dibuka secara resmi acara MTQ ini, dilanjutkan dengan penyerahan piala IPQAH dari pimpinan IPQAH Provinsi Kalsel kepada Bupati Balangan H Ansharuddin, kemudian dari Bupati Balangan diserahkan ke panitia pelaksana untuk diperebutkan pada lomba ini.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020