Setelah dilaksanakan Visitasi Lomba Sekolah Sehat (LSS) oleh tim dari Dinas Kesehatan Tingkat Provinsi pada 12 November 2021 yang lalu, selang kurang lebih 11 hari menunggu keputusan dari tim juri akhirnya pada hari Selasa (23/11), SDIT AL Khair Barabai keluar sebagai Juara Terbaik 1 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan jenjang Sekolah dasar.

LSS sendiri merupakan ajang perlombaan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel guna menentukan prestasi sekolah maupun madrasah dalam pelaksanaan dan pengelolaan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat serta menerapkan Trias UKS oleh seluruh warga sekolah.

Kepala Sekolah SDIT Al Khair Barabai Muhammad Amin mengungkapkan sangat bersyukur bisa meraih juara dan  mengucapan terimakasih kepada jajaran Pemkab HST yang telah memberikan dukungan luar biasa dan kesempatan kepada SDIT Al Khair untuk terus berkarya.

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten HST Priyo Wibisono mengungkapkan bahwa untuk persiapan menuju Nasional ada beberapa hal yang harus disiapkan ke depannya.

"Seperti membentuk tim DOKCIL yang membantu pemantauan kebersihan lingkungan dan kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah dengan melakukan penguatan duta- duta dari setiap pokjar yang sudah ada," katanya.

Selain itu, pihak sekolah juga diminta agar tetap mempertahankan protap protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan COVID-19 yang sudah berjalan dengan baik menuju adaptasi kebiasaan baru. Sehingga seluruh warga sekolah terbebas dari COVID-19.

Kemudian, untuk pemantapan inovasi yang sudah ada juga perlu adanya penguatan peran orangtua untuk membantu kegiatan gerakan masyarakat (germas) dengan melaksanakan PHBS di sekolah melalui kegiatan siaran di radio dengan berbagai macam tema kesehatan.

"Selamat kami ucapkan atas prestasi yang diraih, semangat menuju prosesi tingkat Nasional dan semoga berkah serta sukses dalam menyongsong LSS tingkat Nasional," tuntasnya.

Baca juga: Tiga korban tenggelam di Bendungan Batang Alai sudah ditemukan
Baca juga: Sebanyak 149 Desa di Kabupaten HST gelar Pilbakal
Baca juga: Pemkab HST janjikan jalan rusak Desa Hinas Kiri diperbaiki 2022

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021