Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) sekaligus ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 HSS, Syamsuri Arsyad mengukuhkan relawan DHC 45 di wilayah Daha, di Gedung Bulu Tangkis Daha Selatan.

Ia mengatakan, nilai kejuangan tidak datang serta merta, harus ditanamkan sejak dini agar para generasi muda dapat memahami jalan perjuangan bangsa menuju kemerdekaan, sehingga dapat menghargai bangsa dan jasa para pahlawan yang sudah berjuang.

Baca juga: Giliran Relawan DHC 45 Kecamatan Kandangan dan Sungai Raya dikukuhkan

"Kami menyampaikan rasa hormat dan angkat topi kepada para pahlawan perjuangan di Negara, yang dikenal dengan aksi heroik Palagan Nagara," katanya, dalam sambutan pengukuhan, Sabtu (20/11) lalu.

Dijelaskan dia, secara pribadi menyatakan rasa hormat, bangga dan angkat topi untuk masyarakat Negara yang sudah berjuangan melawan penjajah, untuk memperjuangankan kemerdekaan di Kabupaten HSS.

Adapun maksud dari perekrutan relawan ini ialah guna mewariskan nilai-nilai perjuangan yang sudah di berikan para pejuang HSS, khususnya Daha. Pihaknya menginginkan agar generasi muda sekarang ini bisa terus mewarisi nilai-nilai perjuangan yang sudah dilakukan para pejuang agar jangan sampai pudar.

Baca juga: Relawan DHC 45 Hamak Utara Telaga Langsat bedah rumah veteran

Kekhawatiran pudarnya nilai perjuangan tersebut dikarenakan kurangnya informasi, serta situs-situs peninggalan perjuangan yang menjadi saksi perjuangan masyarakat hanya cerita tidak ada catatan khusus, yang menjelaskannya yang sampai saat ini menjadi legenda.

"Kami juga mengajak para relawan Daha untuk mewarisi nilai-nilai perjuangan yang sudah di perjuangkan para masyarakat Nagara, karena di Daha ini banyak sekali peninggalan para pahlawan kemerdekaan yang belum banyak di ketahui oleh orang lain dan masyarakat Daha itu sendiri," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021