Kalangan DPRD Kotabaru peduli budaya lokal dengan memberikan bantuan sebagai salah satu upaya melestarikan kesenian lokal masyarakat di Desa Manunggul Lama, Kecamatan Sungai Durian.

Anggota Komisi II DPRD Kotabaru, Rabbiansyah, di Kotabaru mengatakan, melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru, pada 2021 saya titip anggaran untuk pembelian sound sistem yang layak mewujudkan aspirasi warga desa. 

"Mudah-mudahan peralatan ini dirawat dan dipelihara dengan baik, agar manfaatnya lebih besar," kata Rabbiansyah, dilaporkan, Senin.

Menurut dia, kepedulian terhadap kesenian daerah adalah salah satu bentuk pembinaan sebagai wakil rakyat kepada masyarakat atau konstituenya. 

Dikatakan, Sangkoh Estate adalah salah satu bagian dari Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian.

Walau Sangkoh Estate masuk dalam wilayah Perusahaan Minamas Group atau Perkebunan Kelapa Sawit.

Tetapi di dalamnya ada kelompok Kesenian Kubro Siswo dan Kuda Lumping, paguyuban ini memang membutuhkan suport dalam upaya melestarikan budaya.

Selain untuk kegiatan pada acara-acara hajatan, sound sistem juga digunakan untuk kegiatan pengajian, karena panitia pelaksana sering kesulitan untuk mendapatkan pinjaman alat sound sistem.

Pewarta: ihi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021