Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Laut  menggelar sosialisasi Panti Sosial Asuhan Anak (PSSA) dan Panti Sosial Bina Wanita pada rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang, di Desa Kebun Raya Kecamatan Kintap, Jum'at (19/11).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat ada fasilitas yang disediakan oleh pemerintah bagi anak dari keluarga tidak mampu bisa tetap bersekolah dengan layak dan gratis melalui PSAA. 

Selain itu, kegiatan tersebut  juga untuk memberikan pelatihan keterampilan bagi janda-janda di Panti Sosial Bina Wanita.

Materi yang diberikan pada sosialisasi diikuti sedikitnya 15 peserta itu berupa,  pengenalan panti-panti sosial yang menangani masalah kesejahteraan sosial dengan tujuan membangkitkan minat para remaja putus sekolah untuk tetap mengasah keterampilan yang mereka inginkan.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut Henri Budi Santoso ditemui seusai kegiatan mengatakan,  masyarakat yang ikut dalam sosialisasi  disesuaikan oleh  Pemerintah Desa Kebun Raya dengan status sosial mereka. 

Dari kegiatan tersebut, Henri  mengungkapkan,  terlihat sekali respon antusiasme dari para peserta.

"Harapan kami,  jika setelah sosialisasi ini berjalan, maka  di kemudian hari tidak akan ada lagi orang miskin yang terlantar. Karena adanya fasilitas ini menjadi peluang usaha untuk mereka kedepannya," ujar Henri.

Sementara, salah satu peserta masih belia Ali Wastoni peserta mengungkapkan,  sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut.

Sebab nantinya, ucap dia, akan mempunyai pengetahuan tentang panti sosial yang difasilitasi oleh daerah dan memperluas informasi tersebut kepada masyarakat sekitar.

"Saya rasa kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus, apalagi untuk warga-warga yang tidak mampu dalam hal finansial tentunya sangat bermanfaat,"tandasnya.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021