Tanjung,  (Antara news Kalsel) - Kelompok Tani Bina Rawa Desa Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mendapatkan bantuan benih bawang putih melalui program sosial Bank Indonesia.

Bantuan benih bawang putih diserahkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Kalsel Provinsi Kalimantan Selatan Harymurthy Gunawan di Jaro, Jumat, bersamaan dengan acara panen perdana uji adaptasi bawang putih di wilayah tersebut,

"Tabalong menjadi salah satu daerah pengembangan bawang putih di Kalsel karena itu melalui program sosial Bank Indonesia kita dukung sarana dan prasaranan yang diperlukan," jelas Harymurthy.

Di Desa Garagata Kecamatan Jaro sendiri telah dilakukan uji adaptasi bawang putih dengan lima varietas diantaranya lumbu hijau, lumbu putih, lumbu kuning, tawamangun dan tuwel.

Di lahan seluas 0,10 hektare dari hasil uji coba ternyata cukup berhasil khususnya untuk varietas lumbu putih dengan masa panen selama 90 hari atau produksi sekitar 8 ton per hektare.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kalsel Muhammad Yasin, komoditi bawang putih ternyata bisa dikembangkan di Kalsel.

"Kita berharap Kalsel menjadi pusat pengembangan bawang putih khususnya di Kabupaten Tabalong dan Hulu Sungai Selatan karena dari hasil uji adaptasi ternyata tanaman ini bisa tumbuh dengan baik," ungkap Yasin.

Sementara itu dalam acara panen perdana uji adaptasi bawang putih di Desa Garagata juga dihadiri Deputi Direktur Departeman Pengembangan UMKM BI Noviarsano Manullang, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel maupun Pemkab Tabalong.

Dalam sambutannya Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan Kecamatan Jaro mempunyai peran strategis karena berbatasan dengan provinsi Kalimantan Timur dan salah satu pemasok beras d wilayah tersebut.

"Sebelumnya di Jaro juga berhasil menanam berbagai sayuran yang biasanya hanya tumbuh di daerah dingin seperti kol, wortel dan melalui program pengembangan bawang putih diharapkan bisa menjadi penghasil bawang putih di Kalsel," jelas Anang

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015