Pasar Agribisnis di Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong mulai beroperasi hari ini (Senin, 15/11) dengan dimeriahkan bazar dan pameran batik.

Kepala Desa Kembang Kuning Sahrian mengatakan kehadirian pasar agribisnis ini diharapkan bisa mendukung para petani lokal dalam memasarkan hasil kebunnya.

"Selama ini para petani menjual hasil kebunnya ke luar Tabalong dan kehadiran pasar agribisnis diharapkan bisa memenuhi kebutuhan lokal," ungkap Sahrian.

Mengingat mayoritas warga Desa Kuning dan sekitarnya merupakan petani karet dan tanaman hortikultura sehingga sangat potensial dalam mengembangkan  pemasarannya.

Hal senada juga disampaikan anggota komisi 3 DPRD Kabupaten Tabalong Mursalin agar pasar agribisnis ini benar - benar difungsikan secara optimal.

"Kita perlu menggandeng para pengepul agar bisa menghidupkan pasar agribisnis dan memenuhi kebutuhan pedagang kecil," jelas Mursalin.
 
Foto Antaranews.Kalsel/herlina lasmianti (Herlina Lasmianti)
Mursalin berharap pasar agribisnis ini tak bernasib sama dengan Pusat Kuliner Mabuun maupun Pasar Umaiyah Tanjung yang belum berfungsi optimal.

 Sementara itu hari pertama beroperasi pasar agribisnis ini hanya diikuti beberapa pedagang melon, bawang merah dan tanaman hortikultura lainnya.

Sebelumnya pasar agribisnis di lahan seluas 1,3 hektare diharapkan bisa menjadi basis utama budidaya sayur dan tanaman hortikultura lainnya.

Sehingga bisa mempercepat pengembangan ekonomi khususnya di bidang pertanian, perindustrian dan pedagangan di 'Bumi Saraba Kawa' ini.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021