Balangan - (Antaranews Kalsel) - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel, memperkenalkan logo baru sekolah pada momentum reuni akbar semua lulusannya dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke 60.

Kepala Sekolah SMPN 1 Paringin, Fathur Ludianto mengutarakan, dengan hadirnya para alumnus semua angkatan, yang rata-rata telah sukses dapat membuat motivasi bagi para guru dan juga siswa.

"Banyak alumnus SMPN 1 Paringin yang sudah sukses, ada yang jadi Pejabat Daerah, Anggota Dewan, Guru, PNS, TNI, Polri, Ulama, serta karyawan dan pengusaha, ini dapat menjadi contoh dan motivasi dalam meraih prestasi serta meningkatkan kualitas lulusan SMPN 1 Paringin," ujarnya.

SMPN 1 Paringin sendiri ujar Fathur, menjadi sekolah dasar sebagai pengantar siswa dalam upayanya melanjutkan ke jenjang selanjutnya, sekaligus tidak meninggalkan sejarah berdirinya sekolah tersebut.

"Di usia mereka yang masih remaja, sekolah tingkat pertama menjadi modal dasar dalam menghantarkan dan mendidik karakter siswa yang bermoral, bependidikan, dan berakhlak mulia," lanjut Fathur.

Acara tersebut tambah Fathur, sekaligus memperkenalkan logo baru SMPN 1 Paringin yang menandakan tahun 1955 sebagai tahun pertama sekolah tersebut didirikan.

Yayasan Budi Mulia, dengan ketua H Maskampiun atau guru U'un, menjadi yayasan penggagas berdirinya SMP Swasta Paringin pada tahun 1955, sasat itu Balangan sendiri masih tergabung di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Waktu itu Sekolah Rakyat (SR) yang sekarang Sekolah Dasar (SD), hanya ada masing-masing satu sekolah di ibukota kecamatan, seperti Kecamatan Paringin, Halong, Lampihong, Awayan, Batumandi dan Juai.

Pada 1955 itulah SMP Swasta didirikan, dengan Guru pertama Sudarmo sekaligus Kepala SMP Swasta Paringin pertama. Tiga tahun kemudian, tepatnya 1 agustus 1958 SMP Swasta Paringin jadi SMP Negeri 1 Paringin.

Selanjutnya, Guru Senior Fakhruddin melanjutkan kepemimpinan sebagai Kepala Sekolah SMPN 1 Paringin sejak tahun 1970 - 1989.

Dengan logo baru ini ujar Fathur, diharapkan agar para siswa dan guru sekaligus masyarakat memahami dan mengetahui history atau sejarah berdirinya SMPN 1 Paringin, dan dapat menjadi semangat serta motivasi bagi tenaga pendidik serta siswa dalam meraih prestasi.

Acara dihadiri oleh tokoh guru senior hingga para alumnus semua angkatan, baik yang berasal dari Kalsel, Kalteng, Kaltim, Bahkan luar pulau.

Turut berhadir dalam acara tersebut mantan Wakil Bupati Balangan H Ansharuddin selaku ketua PGRI Balangan, Mantan Ketua DPRD Balangan M Yusuf A serta mantan Anggota DPRD Balangan H Rusli Abbas sebagai alumnus setempat

Pada acara tersebut juga dipamerkan logo baru, foto sejarah SMP Paringin masa lalu, hasil keterampilan, serta tari kolosal persembahan siswa siswi SMPN 1 Paringin.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015